Pengaruh tingkat religiusitas dan motivasi konsumen muslimah terhadap keputusan pembelian kosmetik tidak berlabel halal pada pedagang kaki lima pasar kaget Tegallega Bandung

Rahayu, Wati (2018) Pengaruh tingkat religiusitas dan motivasi konsumen muslimah terhadap keputusan pembelian kosmetik tidak berlabel halal pada pedagang kaki lima pasar kaget Tegallega Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandng.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku konsumen Muslimah yang semakin kompleks. Seiring perkembangan zaman, para Muslimah menjadi lebih konsumtif. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya tingkat religiusitas masyarakat dan motivasi konsumen untuk melakukan pembelian produk kosmetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat religiusitas (X1) terhadap keputusan pembelian (Y), pengaruh motivasi konsumen Muslimah (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) dan pengaruh tingkat religiusitas (X1) dan motivasi konsumen Muslimah (X2) terhadap keputusan pembelian kosmetik tidak berlabel halal (Y) pada pedagang kaki lima Pasar Kaget Tegallega Bandung. Bagi sebagian orang, atribut yang tercantum dalam sutu produk dipandang penting termasuk diantaranya adanya label Halal. Namun berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini, kebanyakan wanita tidak lagi memperhatikan hal tersebut. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian ekspalanatoris (explanatory reaserch). Dikatakan demikian, karena penelitian ini menghubungkan 3 (tiga) variabel, yaitu Religiusitas X1, dan Motivasi Konsumen X2 sebagai variabel bebas, sedangkan keputusan pembelian sebagai variabel terikat Y. Untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas (X1) dan motivasi konsumen (X2) terhadap keptusan pembelian (Y) dilakukan dengan melakukan pengujian hipotesis dengan membandingakan antara ttabel dengan thitung (uji t dan uji F). Demikian juga untuk mengetahui pengaruh vriabel X1 dan X2 terhadap Y dilakukan analisis korelasi dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh thitung sebesar 3,821 dengan signifikansi 0,000. Dapat dikatakan bahwa tingkat religiusitas (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (X2). Pengaruh motivasi konsumen (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh thitung sebesar 29,586 dengan tingkt signifikansi 0,000. Dapat dikatakan bahwa motivasi konsumen (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan, pengaruh tingkat religiusitas (X1) dan motivasi konsumen (X2) secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai Fhitung sebesar 464,015 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian maka X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap Y. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,928. Hal ini menunjukan bahwa sumbangan relatif yang diberikan oleh kombinasi variabel X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 92,8 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Hal ini sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh AB. Choen bahwa Agama mempengaruhi perilaku konsumen melalui empat dimensi (keyakinan, ritual, nilai-nilai, masyarakat).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tingkat religiusitas; Motivasi Konsumen; Keputusan pembelian
Subjects: Econmics
Econmics > Capitalism Economics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Wati Rahayu
Date Deposited: 23 Oct 2018 03:25
Last Modified: 25 Feb 2019 03:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15889

Actions (login required)

View Item View Item