Pengaruh modal kerja dan penjualan bersih terhadap laba bersih pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) studi di PT Astra Agro Lestari Tbk. periode 2004-2016.

Sumirah, Yayang (2018) Pengaruh modal kerja dan penjualan bersih terhadap laba bersih pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) studi di PT Astra Agro Lestari Tbk. periode 2004-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

Investasi di pasar modal syariah menjadi perhatian masyarakat saat ini. Kesadaran masyarakat akan pentingnya bermuamalah secara syariah menjadikan masyarakat lebih memilih dalam berinvestasi. Investasi di pasar modal syariah dewasa ini menjadi pilihan dari banyak investor. Seleksi saham syariah dilakukan dalam seleksi khusus melalui penyaringan di Jakarta Islamic Index (JII). Salah satu yang menjadi daya tarik perusahaan adalah besarnya laba yang bisa dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Analisa yang bisa digunakan oleh investor adalah dengan menganalisis laporan keuangan perusahaan dimana tingkat keuntungan yang dihasilkan perusahaan berupa laba bersih menjadi pusat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Modal Kerja dan Penjualan Bersih terhadap Laba Bersih pada PT Astra Agro Lestari Tbk. baik secara parsial maupun simultan. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah bahwa tingkat keuntungan menjadi salah satu faktor penting yang biasanya dijadikan pertimbangan para investor dalam pengambilan sebuah keputusan sebelum menanamkan modalnya. Dengan semakin besarnya modal kerja yang ditanam juga kegiatan operasional yang maksimal tentunya akan meningkatkan keuntungan yang maksimal pula. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan PT Astra Agro Lestari Tbk. periode 2004-2016 di halaman website resminya. Adapun metode statistik yang digunakan antara lain analisis uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan berganda, korelasi Pearson Product Moment, koefisien determinasi, uji hipotesis (Uji-t dan Uji-F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Modal Kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Laba Bersih dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,01 % dan sisanya sebesar 99,99 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Penjualan Bersih berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Laba Bersih dengan nilai koefisien determinasi sebesar 27,6%, sedangkan sisanya sebesar 72,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Kemudian secara simultan diperoleh hasil bahwa Modal Kerja dan Penjualan Bersih berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Laba Bersih dengan hasil koefisien determinasi sebesar 41,6% dan sisanya sebesar 58,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar objek penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modal Kerja; Penjualan Bersih; Laba Bersih
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: yayang sumirah
Date Deposited: 19 Oct 2018 06:25
Last Modified: 19 Oct 2018 06:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15916

Actions (login required)

View Item View Item