Meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja melalui layanan bimbingan agama

Firmansyah, Gifari (2018) Meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja melalui layanan bimbingan agama. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Masalah kesehatan reproduksi remaja terjadi karena para remaja tidak dipersiapkan mengenai pengetahuan tentang aspek yang berhubungan dengan masalah peralihan dari masa anak ke dewasa, Dalam mempersiapkan anak didik agar mengetahui kesehatan reproduksi dengan informasi yang benar, Madrasah Al-Ihsan Kota Sukabumi memberikan layanan bimbingan agama untuk meningkatkan pengetahuan mengenai masalah kesehatan reproduksi. Kegiatan ini telah dijalankan sejak tahun 2014, Dalam melakukan kegiatan bimbingan tidak terlepas dari 5 unsur bimbingan yaitu, pembimbing, terbimbing, metode, materi dan media sehingga dengan adanya kelima unsur tersebut proses bimbingan dapat berjalan dengan lancar dan berhasil dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan program layanan bimbingan agama di Madrasah Al-Ihsan Kota Sukabumi serta metode yang digunakan dalam proses bimbingan dan hasil yang dicapai dari pelaksanan layanan bimbingan kesehatan reproduksi di Madrasah Al-Ihsan Kota Sukabumi. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwa masalah kesehatan reproduksi remaja mencangkup aspek fisik biologis dan mental sosial. Untuk menyikapi hal tersebut para remaja harus dibekali bimbingan ajaran agama islam dan di arahkan sesuai dengan ketentuan dan petunjuk allah SWT untuk menuju kebahagiaan dunia akhirat Peneliti ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data bertumpu pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data dan menyusun seluruh data yang diperlukan, mengklasifikasikan data-data yang sudah terkumpul sesuai dengan jenis masing-masing, setelah data diklasifikasikan menurut jenisnya, data dibuhubungkan antara pendapat satu dengan data yang lain, langkah selanjutnya ditafsirkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan agama di Madrasah Al-Ihsan relatif efektif dan berhasil, dapat dilihat dari pemahaman tentang kesehatan reproduksi yang diberikan kepada para remaja seperti mengenai doa-doa bersuci dan juga larangan-larangan yang dapat menyebabkan terkena penyakit reproduksi kini sudah dimengerti dan amalkan dalam kehidupan kesehariannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Gifari Firmansyah
Date Deposited: 28 Feb 2019 06:30
Last Modified: 28 Feb 2019 06:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15956

Actions (login required)

View Item View Item