Konsep dakwah program siaran rumahku syurgaku: studi deskriptif tentang program siaran rumahku syurgaku di radio MQ 102,7 FM Bandung

Nurhanifah, Nurhanifah (2018) Konsep dakwah program siaran rumahku syurgaku: studi deskriptif tentang program siaran rumahku syurgaku di radio MQ 102,7 FM Bandung. Diploma thesis, Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Zaman semakin berkembang, kegiatan dakwahpun tak hanya disampaikan dimimbar saja akan tetapi sekarang banyak media yang berfungsi sebagai sarana dakwah. Sekarang ini tantangan dan problematika kehidupanpun semakin kompleks dimulai dari yang sederhana sampai yang harus membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Salah satunya adalah masalah tentang keluarga. Keluarga merupakan pondasi dalam kehidupan, maka setiap orang mengharapkan keluarga yang bisa menentramkan, menyejukan serta menyenangkan dan jauh dari masalah-masalah yang tak diharapkan. Karena untuk mempunyai keluarga yang diharapkan haruslah mempunyai ilmunya. Salah satunya dengan mendengarkan majelis-majelis ilmu tentang keluarga. Program Rumahku Syurgaku adalah salah satu program di radio MQFM yang khusus dihadirkan sebagai majlis ilmu untuk menjawab persoalan seputar masalah keluarga yang di bahas secara lengkap dan detail. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan konsep dakwah tentang keluarga dari Program Rumahku Syurgaku dalam keberhasilan menyampaikan Dakwahnya. Penelitian ini berdasarkan teori Dakwah sesuai yang dikemukakan oleh Enjang AS, yaiitu untuk menunjang sebuah keberhasilan dakwah haruslah memenuhi unsur-unsur dakwah seperti, Da’i, maudu, uslub, washilah dan mad’u. Unsur-unsur dakwah tersebut dikemas dalam sebuah konsep dakwah keluarga di Radio MQFM, yang disampaikan melalui beberapa tema. Sedangkan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah Kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dan tekhnik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan survey dokumen. Hasil peneltian menujukan bahwa konsep dakwah yang digunakan dalam penyampaian dakwah tentang keluarga sangatlah efektif, hal ini ditunjukan oleh respon penengar yang begitu tinggi dan antusias, dilihat dari download websait yang di sediakan oleh MQ FM, program Rumahku Syurgaku menempati pada angka tertinggi dibanding program yang lain. Dan juga dillihat dari antusias pendengar yang datang langsung ke studio untuk langsung menemui pemateri. Penelitian menyimpulkan bahwa : Konsep dakwah program Rumahku Syurgaku pada radio MQ 102,7FM, terdiri dari da’i-dai yang mempunyai kredibilitas tinggi dan latar belakang yang sesuai sehingga mampu menyampaikan dakwahnya dengan baik. Selain itu tema-tema atau pesan dakwah yang disampaikannya sesuai dengan pesan dakwah yang terdapat dalam Al-Qur’an dan sunnah rasul yang dikemas dalam sebuah tema-tema khusus tentang pembentukan karakter kelarga yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: dakwah; radio; mqfm
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Hanifah Abas
Date Deposited: 24 Oct 2018 07:24
Last Modified: 24 Oct 2018 07:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15966

Actions (login required)

View Item View Item