Bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi kerja pembantu pembina keluarga berencana desa (ppkbd) dan sub ppkbd: penelitian di upt pengendalian penduduk keluarga berencana dan pembangunan keluarga Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Maulidini, Fiana Ahadiah (2018) Bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi kerja pembantu pembina keluarga berencana desa (ppkbd) dan sub ppkbd: penelitian di upt pengendalian penduduk keluarga berencana dan pembangunan keluarga Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah PPKBD dan Sub PPKBD yang lebih banyak berperan dalam kegiatan penyuluhan KB; karena kedekatan tempat tinggal menjadikan mereka lebih sering berinteraksi dengan masyarakat. Kader KB sebagai pelaksana penyuluh KB di lapangan, disamping mengatasi masalah ketidakcukupan jumlah PKB, juga sejalan dengan pendekatan community-basedservice delivery, yaitu dalam rangka mendekatkan pelayanan KB kepada masyarakat. Sementara itu, Motivasi kerja PPKBD dan Sub PPKBD di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung berada pada tingkat sedang. Sehingga UPT Pengendalian Penduduk, dan Pembangunan Keluarga Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung guna meningkatkan motivasi kerja dalam penyuluhan KB kader KB salah satunya adalah melalui bimbingan kelolompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) motivasi kerja PPKBD dan Sub PPKBD , 2) pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok, dan 3) hasil yang didapat dari kegiatan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi kerja PPKBD dan Sub PPKBD di UPT Pengendalian Penduduk, dan Pembangunan Keluarga. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa bimbingan kelompok merupakan kegiatan sekelompok orang yang memanfaatkan dinamika kelompok. Dalam mengatasi masalah perkembangan individu dalam upaya mengembangkan potensi diri atau tugas-tugas perkembangan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan dan menganalisis hasil penelitian. adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Observasi dilakukan melalui partisipasi moderat yaitu dengan terjun langsung ke lapangan mengikuti kegiatan dan menganalisis, tetapi tidak semua kegiatan diikuti, kemudian wawancara semi terstruktur dengan PKB serta PPKBD dan Sub PPKBD, dan studi dokumentasi dari lembaga atau UPT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bimbingan kelompok bagi petugas PPKBD dan Sub PPKBD Di UPT Pengendalian Penduduk, dan Pembangunan Keluarga mengalami peningkatan motivasi kerja ditunjukkan dengan cara, aktif bertanya dalam kegiatan, kepercayaan diri petugas dalam bersosialisasi mengenai Program KB di masyarakat, bersikap positif dan aktif dalam menanggapi materi yang disampaikan oleh PKB dan berkomitmen untuk hadir berturut-turut dalam setiap kegiatan bimbingan kelompok selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok; motivasi kerja;
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Differential and Developmental Psychology > Character Development
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fiana Ahadiah Maulidini
Date Deposited: 26 Oct 2018 05:54
Last Modified: 26 Oct 2018 05:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15999

Actions (login required)

View Item View Item