Tanggapan siswa terhadap kedisiplinan belajar dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Fikih: penelitian di Kelas VII MTs Negeri 1 Kab. Bandung

Ismatulloh, Aris (2018) Tanggapan siswa terhadap kedisiplinan belajar dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Fikih: penelitian di Kelas VII MTs Negeri 1 Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah pada siswa yang menunjukan kurangnya disiplin belajar, sering mengobrolnya siswa ketika guru menjelaskan, masuk kelas terlambat, lemah berprestasi dalam belajar dan malas untuk mengerjakan PR. Akibat nya siswa tersebut menghasilkan prestasi kurang baik. Kondisi pembelajaran yang tidak kondusif ini menggambarkan disiplin belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang disiplin belajar siswa Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 1 Kab. Bandung dan pengaruhnya antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa kedisiplin belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah apabila kedisiplinan belajarnya baik, maka prestasi belajarnyapun akan baik, begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat apakah adanya hubungan antara Variabel X (tanggapan siswa terhadap kedisiplinan belajar) dan Variabel Y (prestasi belajar siswa pada pelajaran fikih) Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tanggapan siswa terhadap kedisiplian belajar memperoleh nilai rata-rata 3,38 dengan kualifikasi cukup karena berada pada interval 2,60 – 3,39. Nilai rata – rata prestasi belajar siswa pada pelajaran fikih memperoleh nilai 78,67, dengan kualifikasi cukup. Sedangkan hubungan antara tanggapan siswa terhadap kedisplinan belajar dengan prestasi belajar siswa di peroleh nilai korelasi sebesar 0,23 dengan kualifikasi rendah karena berada pada interval 0,20 – 0,39. Hasil pengujian hipotesis menujukan thitung adalah 1,38 < ttabel 2,03. Dengan demikian dapat dinyatakan tidak ada hubungan yang signifikan antara variebel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 3 % artinya diperkirakan masih ada pengaruh lain sebesar 97 % yang mempengaruhi baik dari faktor internal maupun eksternal terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran fikih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan siswa; disiplin siswa; prestasi siswa
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email Arisismatulloh2@gmail.com
Date Deposited: 31 Oct 2018 06:13
Last Modified: 31 Oct 2018 06:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16014

Actions (login required)

View Item View Item