Penerapan pembelajaran licit confront identify resolve reinforce (ECIRR) untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada aplikasi konsep koloid

Yumawan, Restia Lasri (2018) Penerapan pembelajaran licit confront identify resolve reinforce (ECIRR) untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada aplikasi konsep koloid. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada aplikasi konsep koloid dengan menerapkan pembelajaran ECIRR. Pembelajaran ECIRR mengidentifikasi pengetahuan awal siswa, kemudian memfasilitasi siswa untuk memperbaiki pengetahuan awal tersebut serta memperkuat pemahaman konsepnya Metode yang digunakan one shoot case study dengan subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa SMAN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas siswa selama pembelajaran ECIRR, kemampuan menyelesaikan lembar kerja siswa (LKS) sesuai tahapan pembelajaran ECIRR, serta kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil keterlaksanaan aktivitas siswa selama pembelajaran rata-rata 93,75 % dengan kategori sangat baik, kemampuan menyelesaikan LKS rata-rata 96,3 dengan kategori sangat baik, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa rata-rata 77,1 dengan kategori baik. Hasil yang diperoleh disebabkan pembelajaran ECIRR berperan dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Dengan demikian, pembelajaran elicit confront identify resolve reinforce (ECIRR) dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada aplikasi konsep koloid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran ECIRR; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; aplikasi koloid
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Restia Lasri Yumawan
Date Deposited: 23 Oct 2018 10:02
Last Modified: 23 Oct 2018 10:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16051

Actions (login required)

View Item View Item