Pengembangan media pembelajaran lingkungan untuk meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi : penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Cikawung Bina Bangsa Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Tahun Ajaran 2014/2015

Nurani, Ulfah (2015) Pengembangan media pembelajaran lingkungan untuk meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi : penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Cikawung Bina Bangsa Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Tahun Ajaran 2014/2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III YAKIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar fustaka.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan permasalahan yang terjadi di kelas V di MI Cikawung Bina Bangsa yaitu rendahnya keterampilan menulis puisi peserta didik terbukti dengan nilai rata-rata siswa 47,31 di bawah KKM. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari jarang diadakan pembelajaran sastra, tidak dilibatkannya peserta didik secara langsung dalam pembelajaran menulis puisi, minimnya media pembelajaran, dan metode yang kurang sesuai hingga membuat peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan media lingkungan; Peningkatan keterampilan menulis puisi pada saat sebelum dan sesudah menggunakan media lingkungan; dan peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan media lingkungan pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi. Media pembelajaran lingkungan merupakan pembelajaran yang berusaha untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik melalui pendayagunaan lingkungan sebagai sumber belajar, karena para peserta didik dihadapkan pada peristiwa dan keadaan yang sebenarnya secara alami. Sesuatu yang dipelajari oleh peserta didik menjadi lebih nyata, lebih faktual, dan kebenarannya lebih dapat dipertanggung jawabkan. Dengan media ini peserta didik dapat lebih aktif dalam mengembangkan imajinasinya sehingga membuat siswa lebih kreatif dalam membuat puisi. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Sanford dan Kemmis dengan pengambilan tindakan sebanyak dua siklus. Dalam setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan observasi serta tahap refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan lembar evaluasi sebagai tes unjuk kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan media lingkungan memperoleh hasil rata-rata 30 dengan persentase 62,5% (kurang aktif). Peningkatan keterampilan menulis puisi pada saat sebelum menggunakan media lingkungan diperoleh hasil 47% dengan nilai rata-rata 47,31 kemudian setelah menggunakalan media lingkungan meningkat menjadi 61% dengan nilai rata-rata 61,5 untuk siklus I dan untuk siklus II diperoleh hasil 93% dengan nilai rata-rata 93,22. Sedangkan peningkatan aktivitas menyimak, bertanya jawab, mengungkapkan gagasan dan kegiatan menulis puisi pada saat sebelum menggunakan media lingkungan menunjukan hasil rata-rata 30 dengan persentase 62,5% (cukup aktif) dan setelah menggunakan media lingkungan menunjukan hasil rata-rata 34,25 dengan persentase 71% (aktif) untuk siklus I dan untuk siklus II menunjukan hasil rata-rata 45,33 dengan persentase 94,43% (sangat aktif).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia; Puisi; aktivitas; Menulis;
Subjects: Education, Research of Language, Related Topics of Language
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Nov 2018 02:26
Last Modified: 02 Nov 2018 02:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16079

Actions (login required)

View Item View Item