Implementasi corporate social responsibility PT. Len Industri (Persero) melalui program bantuan solar tree light: studi deskriptif pada bagian komunikasi korporasi PT. Len Industri (Persero)

Novia, Ghina Dwi (2018) Implementasi corporate social responsibility PT. Len Industri (Persero) melalui program bantuan solar tree light: studi deskriptif pada bagian komunikasi korporasi PT. Len Industri (Persero). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

PT. Len Industri (Persero) sebagai BUMN yang bergerak di bidang transportasi, informasi & energi, diwajibkan untuk melakukan kegiatan CSR sesuai dengan kompetensi inti atau lini bisnisnya. Atas arahan BUMN tersebut, PT. Len Industri (Persero) melaksanakan kegiatan CSR yang sesuai dengan kompetensi intinya di bidang energi terbarukan yaitu CSR Program Bantuan Solar Tree Light. Secara umum, program ini dibuat untuk mengenalkan teknologi tenaga surya yang berfungsi sebagai pembangkit listrik. Karena sifatnya yang ramah lingkungan dan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan sehari-hari, maka PT. Len Industri (Persero) mengimpelementasikan Program Bantuan Solar Tree Light sebagai salah satu kegiatan CSR di PT. Len Industri (Persero). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses yang dilakukan PT. Len Industri (Persero) dalam menjalankan program CSR ini dari mulai proses perencanaan program, pelaksanaan, hingga evaluasi program CSR Solar Tree Light. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini ialah konsep implementasi yang didalamnya terdapat suatu rangkaian proses yang menghantarkan kebijakan kepada masyarakat, kebijakan tersebut nantinya akan membawa hasil untuk masyarakat. Pada program CSR Solar Tree Light ini, PT Len Industri (Persero) juga memperhatikan aspek “3P” atau triple bottom line yakni profit, people dan planet agar perusahaan dapat melaksanakan CSR yang bersifat pembangunan berkelanjutan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kontruktivisme. Metode yang digunakan ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi CSR tersebut dimulai dengan tahapan perencanaan dengan melakukan beberapa kegiatan : melakukan rapat internal, menetapkan tujuan CSR, menjalankan operasionalisasi proposal/surat, melakukan sosialisasi dan melakukan survey tempat. Setelah melakukan tahapan perencanaan, dilanjutkan dengan implementasi program Solar Tree Light melalui 3 kegiatan : melakukan pemasangan Solar Tree Light, melakukan serah terima Solar Tree Light dan melakukan kegiatan sharing knowledge. Setelah implementasi program terlaksana, PT. Len Industri (Persero) kemudian melakukan evaluasi yang bertujuan untuk menilai secara keseluruhan apakah pelaksanaan program CSR sudah dilakukan sesuai rencana atau ketentuan sebelumnya. Proses evaluasi CSR Program Bantuan Solar Tree Light ini dilakukan dengan melakukan kegiatan monitoring dan melakukan evaluasi internal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Corporate Social Responsibility; Solar Tree Light
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ghina Dwi Novia
Date Deposited: 26 Oct 2018 06:41
Last Modified: 26 Oct 2018 06:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16081

Actions (login required)

View Item View Item