Fenomena pengajian shalawat di Pondok Pesantren As-Shogiri: studi fenomenologi terhadap pengajian shalawat di Pondok Pesantren As-Shogiri Tanah Baru Kota Bogor

Muhtarudin, Muhtarudin (2018) Fenomena pengajian shalawat di Pondok Pesantren As-Shogiri: studi fenomenologi terhadap pengajian shalawat di Pondok Pesantren As-Shogiri Tanah Baru Kota Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah sudah menjadi kewajiban bagi semua umat Islam di seluruh dunia, kewajiban ini berkaitan dengan usaha untuk mengajak umat manusia untuk selalu di jalan yang diridhai Allah SWT. Dalam hal ini upaya penyadaran, pembinaan keyakinan dan pemahaman ajaran Islam, sehingga bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pada saat pelaksanaan pengajian di pesantren As-Shogiri Tanah Baru Kota Bogor, mengetahui bagaimana citra diri pengajian shalawat di pesantren As-Shogiri, mengetahui kebiasaan yang ada pada saat pengajian shalawat, mengetahui intensitas jama’ah yang menghadiri pengajian shalawat dan interaksi pada saat pengajian shalawat. Metode yang digunakan yaitu fenomenologi, metode yang memandu peneliti untuk melihat dan mengeksplorasi situasi yang ada secara menyeluruh, mendalam dan luas. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber penelitian, menentukkan teknik pengumpulan data dan akhirnya menganalisis data. Teori fenomenologi yang digunakan adalah teori fenomenologi Edmund Husserl, yang menurutnya fenomenologi berbicara pada tatanan realitas sendiri atau citra diri, kebiasaan, intensitas dan interaksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama dalam pengajian shalawat di pesantren As-Shogiri Tanah Baru Kota Bogor, mempunyai citra diri dan respon yang dipandang baik oleh masyarakat terutama para pecinta terhadap shalawat nabi Muhammad SAW, citra diri ini ditambah oleh sosok guru yang ada dipesantren As-Shogiri yakni Ajengan Mama Nahrawi beliau merupakan sosok da’i yang sampai saat ini masih berperan dalam berdakwah. Kedua pelaksanaan pengajian shalawat ini banyak mempunyai kebiasaan yang berbeda dengan pengajian shalawat biasanya yakni jama’ah banyak membawa air doa, membakar dupa, pada saat pengajian tidak menggunakan pengeras suara,tidak diperbolehkan mengambil gambar dan simbolisme ritual pembagian buah anggur diakhir pengajian, semua kebiasaan ini tidak lain bertujuan baik yakni mengharapkan kebarokahan dari shalawat dan menjaga hati dalam beribadah kepada Allah SWT. Ketiga intensitas jama’ah di pengajian shalawat ini cenderung turun naik bergantung dengan keadaan, jama’ah sangat meningkat pada saat pelaksanaan haul shalawat dan menurun pada saat setelah lebaran idhul fitri. Keempat pengajian shalawat ini mempunyai interaksi yang baik dalam pelaksanaanya baik dari kiyai ajengan Mama Nahrawi ke jama’ah, jama’ah dengan jama’ah yang lainnya mereka saling bertukar informasi dan memperbanyak relasi. Pengajian shalawat ini dimulai dari kecil hingga sampai sekarang sudah ribuan jama’ah yang hadir dalam pengajian shalawat tersebut setiap minggunya, tidak terlepas dari usaha ajengan Mama Nahrawi dan santrinya yang terus berjuang memajukan shalawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi; Pengajian; Shalawat
Subjects: Critical Philosophy > Phenomenology
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhtarudin Muhtarudin Muhtarudin
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:26
Last Modified: 25 Oct 2018 02:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16103

Actions (login required)

View Item View Item