Respon santri terhadap kesenian hadrah di Pondok Pesantren Ad-Dawami Pasir Kawung Kabupaten Bandung : studi survei respon santri di Pondok Pesantren Ad-Dawami Kabupaten Bandung

Damyati, Ahmad (2013) Respon santri terhadap kesenian hadrah di Pondok Pesantren Ad-Dawami Pasir Kawung Kabupaten Bandung : studi survei respon santri di Pondok Pesantren Ad-Dawami Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Kesenian hadrah adalah salah satu kesenian yang mengandung unsur musik Islami yang bermakna dakwah. Kesenian hadrah itu sendiri mengandung seruan atau ajakan yang merupakan pesan dakwah melalui musik. Sejarah kesenian hadrah yang ada di pondok pesantren Ad-Dawami telah ada sejak pondok pesantren didirikan, yang berperan aktif dalam menyebarluaskan ajaran Islam. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti semata-mata tidak hanya tidak hanya sekedar untuk menulis karya ilmiah, namun penelitian memiliki tujuan guna mengetahui praktik dan aplikasi kesenian hadrah, media dakwah dan seberapa besar respon santri terhadap kesenian hadrah sebagai media dakwah di pondok pesantren Ad-Dawami Pasir Kawung Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran, bahwa kesenian hadrah memiliki peran yang sangat penting terhadap para santri dalam menyebarluaskan ajaran Islam. Sehingga kesenian hadrah dapat memberikan daya tarik tersendiri kepada para santri dan memberikan motivasi untuk lebih memahami dari kesenian hadrah sebagai media dakwah yang ada di pondok pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei melalui pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara dan kepustakaan. Populasi pada penelitian ini sebanyak 136 populasi, yang kemudian di ambil sampel sebanyak 25% dari populasi santri di pondok pesantren Ad-Dawami yang berjumlah 136 orang. Dengan penghitungan 25 X 136 : 100 = 34, dengan demikian maka jumlah sampel dalam penelitian adalah 34 responden. Selanjutnya data dianalisis secara faktual dengan cara menyusun tabel frekuansi, mentabulasi data, menentukan tendensi, menghitung data deviasi, uji normalitas dengan Chi Kuadrat, menentukan derajat kebebasan, serta uji korelasi antar variabel guna membuktikan adanya respon dari santri terhadap kesenian hadrah sebagai media dakwah di pondok pesantren Ad-Dawami Pasir Kawung Kabupaten Bandung. Berdasarkan penelitian ini, terdapat respon yang signifikan antara respon santri terhadap kesenian hadrah sebagai media dakwah di pondok pesantren Ad-Dawami Pasir Kawung Kabupaten Bandung sebesar 0.998 dan hasil dari uji determinasi diketahui bahwa respon santri terhadap kesenian hadrah sebagai media dakwah dengan tingkat respon 81%, hasil tersebut begitu signifikan dari para santri. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa hasil hipotesisnya ialah terdapat respon santri yang positif terhadap kesenian hadrah sebagai media dakwah di pondok pesantren Ad-Dawami Pasir Kawung Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren; Ad-Dawami; Hadrah; Kesenian; Santri;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:42
Last Modified: 31 Oct 2018 07:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16114

Actions (login required)

View Item View Item