Dampak gadget terhadap minat belajar di Pesantren pada kalangan remaja: penelitian di Pesantren At-Termasi Desa Mandalawangi Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung

Setiawan, Lalan (2018) Dampak gadget terhadap minat belajar di Pesantren pada kalangan remaja: penelitian di Pesantren At-Termasi Desa Mandalawangi Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya perubahan sosial akibat adany gadget, gadget sangat mempengaruhi masyarakat terutama remaja yang sedang menuntut ilmu di sekolah maupun di pesantren, proses belajar mengajar menjadi terganggu akibat adanya gadget, santri menjadi kurang fokus, tidak semangat, dan berpikir lambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan gadget pada kalangan remaja terutama santri di pesantren At-Termasi Desa Mandalawangi Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari kegunaan gadget terhadap minat belajar santri di pesantren At-Termasi. Penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial Gilin-Gilin. Gilin menyebutkan bahwa perubahan sosial mencakup unsur-unsur kebudayaan yang bersifat material dan immatrial, dengan menekankan dampak yang besar dan unsur-unsur kebudayaan yang materil terhadap unsur-unsur immateril. Gilin menyebutkan perubahan teknoogy biasanya lebih cepat daripada perubahan budaya yang immateril seperti nilai, moral, dan nilai-nilay yang mengatur masyarakat sehari-hari. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode penelitian deskriptif ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pola dan dampak penggunaan gadget di pesantren At-Termasi Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung. Objek penelitian ini adalah objek yang bersifat individual yang di dapat melalui wawancara secara langsung dengan informan dan melakukan observasi langsung ke lapangan. Populasi penelitian ini adalah santri, pengajar, dan orang tua santri di pesantren At-Termasi Desa Mandalawani Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari jumlah 172 santri, santri yang menggnakan gadget sekitar 144 yang terbagi dari jumlah siswa santri laki-laki 94 orang dan santri perempuan 50 orang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pola penggunaan gadget santri pesantren At-Termasi sangat beragam. Ada yang menggunakan gadget sebagai alat komunikasi, untuk mempermudah proses belajar mengajar di kelas dan sisanya hanya untuk sekedar hiburan semata. Santri yang tidak menggunakan gadget berjumlah 20 orang yang kebanyakan adalah penduduk asli Desa Mandalawangi, alasan mereka tidak menggunakan gadget dikarenakan mereka beranggapan gadget tidak terlalu penting untuk dipergunakan di pesantren. Penggunaan gadget juga berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang berdampak negatif dan positif. dampak positif yang ditimbulkan dengan adanya gadget siswa menjadi lebih mudah mengakses untuk kebutuhan belajar mengajar mereka dan sebagai alat komunikasi. Dampak negatif dengan adanya gadget siswa menjadi ketergantungan, malas belajar, tidak fokus yang menyebabkan prestasi santri di pesantren At-Termasi menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dampak; Gadget; Minat Belajar
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lalan Setiawan
Date Deposited: 25 Oct 2018 06:38
Last Modified: 25 Oct 2018 06:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16115

Actions (login required)

View Item View Item