Kebijakan redaksi harian umum Pikiran Rakyat dalam rubrik pendidikan : studi kasus mengenai kebijakan redaksi harian umum pikiran rakyat dalam rubrik pendidikan

Elasari, Elasari (2016) Kebijakan redaksi harian umum Pikiran Rakyat dalam rubrik pendidikan : studi kasus mengenai kebijakan redaksi harian umum pikiran rakyat dalam rubrik pendidikan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Surat kabar merupakan penyampaian informasi bagi masyarakat. Keberadaan surat kabar selalu didasari latar belakang, visi, misi dan kepentingan tertentu. Hal ini akan mempengaruhi kebijakan yang diterapkan oleh suatu surat kabar pada pemberitaanya. Kebijakan redaksi merupakan dasar suatu lembaga media massa untuk menyiarkan atau tidaknya suatu berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai kebijakan redaksi dalam menentukan berita pendidikan di HU Pikiran rakyat, implementasi kebijakan dalam menentukan berita pendidikan, serta mengetahui mengenai penetapan berita berita di HU Pikiran Rakyat. Penelitian ini berangkat dari pemikiran atau teori Agenda Setting, yang berasumsi bahwa adanya hubungan antara penilaian yang diberikan media pada suatu persoalan dengan perhatian yang di berikan media pada suatu persoalan dengan perhatian yang diberikan khalayak pada suatu persoalan. Apa yang di anggap penting oleh media akan dianggap penting juga dari perhatian masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini yaitu metode studi kasus yaitu strategi yang lebih cocok bila pokok pertanyaan suatu penelitian berkenaan dengan how dan why. Penulis menggunakan metode studi kasus dikarenakan penulis hanya bermaksud untuk mengetahui secara sistematis masalah dan kondisi pemberitaan di HU Pikiran Rakyat mengenai berita-berita pendidikan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pihak redaksi HU Pikiran Rakyat memiliki kebijakan-kebijakan tersendiri dalam menentukan serta menetapkan beita pendidikan, berita pendidikan yang disajikan harus mengandung unsur berita yang sangat penting serta bersifat edukatif sehingga dapat memberikan wawasan yang luas kepada khalayak. Dalam menetapkan berita yang terdapat didalam sebuah berita pendidikan sesuai dengan berita pendidikan. Karena didalam sebuah berita pendidikan terdapat subjek pendidikan atau orang yang berkompeten dalam memberikan sebuah informasi mengenai berita pendidikan. Kebijakan redaksi HU Pikiran Rakyat Dalam Rubrik Pendidikan memiliki tingkat perhatian yang cukup tinggi dalam menentukan serta menetapkan dan implementasi mengenai berita pendidikan yang berkembang di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pikiran Rakyat; Redaksi; Rakyat; Rubik; Pendidikan:
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 31 Oct 2018 08:02
Last Modified: 31 Oct 2018 08:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16126

Actions (login required)

View Item View Item