Strategi bauran promosi divisi corporate secretary saung angklung udjo dalam mempertahankan citra sebagai pionir industri pariwisata angklung : studi deskriptif pada corporate secretary saung angklung udjo Jl.Padasuka No.118 Bandung

Ambarwati, Novita (2016) Strategi bauran promosi divisi corporate secretary saung angklung udjo dalam mempertahankan citra sebagai pionir industri pariwisata angklung : studi deskriptif pada corporate secretary saung angklung udjo Jl.Padasuka No.118 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Industri pariwisata dengan beragam jenisnya saat ini banyak diminati di Indonesia, hal ini membuat semua jenis usaha pariwisata berlomba-lomba menjadi yang terbaik, tak hanya soal keindahannya saja yang ditawarkan, jasa, dan ciri khas menjadi kriteria tersendiri namun yang terpenting adalah mengenai strategi promosi yang menjadi tugas divisi Corporate Secretary Saung Angklung Udjo dalam menjalankan strategi bauran promosi guna mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu mempertahankan citra yang sudah ada, karena apabila tidak dipertahankan maka hak pengakuan dari UNESCO citra sebagai pionir industri angklung akan dihapus, dan akan dipindah entah ke daerah lain atau negara lain yang memiliki jenis kesenian yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi bauran promosi yang digunakan oleh Saung Angklung Udjo dan penerapannya untuk mempertahankan citra sebagai pionir Industri Pariwisata Angklung. Mengetahui hal-hal dalam pelaksanaan promosi yang dilakukan oleh divisi Corporate Secretary. Metode deskriptif pendidikan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan cara menguraikan, menganalisis, melalui teknis pengumpulan data seperti wawancara, observasi lapangan dan sumber tambahan lainnya seperti buku dan internet dengan tujuan untuk menggambarkan suatu keadaan. Strategi bauran promosi yang diterapkan Saung Angklung Udjo dalam upaya mempertahankan citra. Berawal dari rasa keingintahuan peneliti terhadap strategi bauran promosi yang dilakukan oleh Saung Angklung Udjo, lewat dari lima strategi yang ada dimulai dari Advertising Sales, Promotion, Public Relations, Personal Selling dan Direct Marketting. Hasil penelitian ini adalah dimulai dari Advertising Sales, dimana periklanan yaitu dengan menggunakan mouth to mouth, penggunaan media sosial dan pemanfaatan kerja sama dalam bentuk simbiosis mutualisme dengan media, kemudian untuk Promotion sendiri Saung Angklung Udjo memberikan diskon pada hari tertentu, hadiah dari kuis, atau adanya harga khusus untuk pemesan tertentu bahkan gratis sama sekali, untuk peranan Public Relations pun dilakukan dimulai dari penerapan Corporate Social Responsibility, Publisitas, Event, dan membangun kerjasama dengan pihak terkait, begitu pula dengan Personal Selling dilakukan dengan cara sms blast dan pemanfaatan internet lewat media sosial, kemudian Direct Marketting dilakukan dengan cara menerima permintaan klien, menciptakan inovasi, dan sebagai pembuat solusi, dapat disimpulkan hal itu semata-mata hanya untuk mempertahankan citra yang sudah dibangun selama 50 tahun oleh Saung Angklung Udjo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Promosi; Corporate Secretary; Saung angklung Udjo; Pionir; Industri; Pariwisata;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 31 Oct 2018 08:33
Last Modified: 31 Oct 2018 08:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16129

Actions (login required)

View Item View Item