Penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls

Raslan, Yan (2018) Penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan suatu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik dalam mempelajari dan memahami konten materi pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi momentum dan impuls. Media Augmented Reality merupakan media interaktif berbasis virtual yang dapat memproyeksikan objek 2D dan 3D yang berada pada dunia maya ke dalam waktu dunia nyata atau secara real time. Media ini diterapkan pada materi momentum impuls dengan sub materi konsep momentum, kekekalan momentum, dan penerapan momentum. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-experimental tipe one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 SMAN 1 Baleendah Kabupaten Bandung yang berjumlah 30 peserta didik. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan persentase skor keterlaksanaan lembar observasi, persentase skor Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Normalized Gain (N-Gain), dan paired sample t-test. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan untuk aktivitas guru yaitu 84% dengan kategori baik dan aktivitas peserta didik 77% dengan kategori baik. Nilai rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diperoleh yaitu 0,43 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil paired sample t-test diperoleh t_hitung =21.38 lebih besar dari t_tabel =2.052 (t_hitung>t_tabel) dengan taraf signifikansi 5%. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dapat digunakan untuk melatih keterampilan abad 21 pada materi lainnya. Critical thinking skills are high-level thinking skills that train students to shape knowledge and decide decisions in solving everyday problems. This study aims to describe the implementation of learning and improvement of students' critical thinking skills by applying Augmented Reality-based learning media to material of momentum and impulses. The research was conducted using an experimental method with one-group pretest-posttest design pre-experimental design. The sample of this study is class XI MIA 1 Baleendah 1 Senior High School Bandung regency totaling 30 students. The research instruments used were observation sheets, Student Activity Sheets (LKPD) and tests of critical thinking skills. The data analysis technique used is the calculation of the percentage of the score of the observation sheet, the percentage score of the Student Activity Sheet (LKPD), Normalized Gain (N-Gain), and the paired sample t-test. The results of the research showed that the percentage of implementation for teacher activities was 84% with good categories and 77% of students' activities with good categories. The average value of N-Gain students' critical thinking skills obtained is 0.43 including the medium category. Based on the results of paired sample t-test obtained t_count = 21.38 is greater than t table = 2.052 (t count> t table) with a significance level of 5%, so that it can be concluded that there is an effect of the application of Augmented Reality-based learning media to increase students' critical thinking skills on momentum material and impulses. Based on research that has been carried out Augmented Reality-based learning media can be used to train 21st century skills in other materials.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality; keterampilan berpikir kritis; momentum dan impuls;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Yan Raslan
Date Deposited: 14 Nov 2018 08:44
Last Modified: 14 Nov 2018 08:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16131

Actions (login required)

View Item View Item