Kontruksi berita politik media online: analisis framing Zhindang Pan dan Gerald M. Kosicki tentang laporan Hary Tanoesudibjo ke Polda Metro Jaya terkait tulisan Allan Nairn Tirto.id di media online Tempo.co dan Sindonews.com edisi 24-28 april 2017

Waluyo, Djati (2018) Kontruksi berita politik media online: analisis framing Zhindang Pan dan Gerald M. Kosicki tentang laporan Hary Tanoesudibjo ke Polda Metro Jaya terkait tulisan Allan Nairn Tirto.id di media online Tempo.co dan Sindonews.com edisi 24-28 april 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_Abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_Daftar Isi.docx.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Tulisan Allan Nairn yang diterjemahkan dan terbit di laman Tirto.id menyebabkan terjadinya pro dan kontra. Tulisan yang berjudul “Ahok Hanyalah Dalih untuk Makar” ini berisi tentang siapa dalang dibalik aksi masa bela islam 212. Berbagai reaksi dilakukan oleh orang orang yang namanya disebutkan dalam tulisan Allan namun Reaksi yang dilakukan oleh Hary Tanoesudibjo yang menjadi sorotan dalam penelitian ini, dimana Hary melaporkan Allan dan Tirto.id ke Polda Metro Jaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui frame pemberitaan yang tentang Laporan yang dilakukan oleh Hary Tanoesudibjo ke Polda Metro Jaya terhadap Allan Nairn dan Tirto.id di media Online Tempo.co dan SIndonews.com. dalam penelitian ini menggunakan analisis framing Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki. Penelitian ini mengacu pada teori dari Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki, teori ini digunakan untuk mengetahui bagaimana persepektif yang digunakan oleh media untuk menyeleksi isu dan menulis berita, yang mana dengan teori ini dapat memunculkan titik tekan atau penekanan sebuah media terhadap suatu isu, pusat dalam teori ini adalah pemberntukan pesan dari teks. Adapun data yang dianalisis adalah teks berita yang diseleksi dan studi kepustakaan. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan 1) unsur sintaksis pemberitaan di penelitian ini yaitu dalam headline atau judul beritanya Tempo.co menuliskan kecaman dan ajakan yang dilakukan oleh narasumbernya untuk tidak membawa kasus ini ke Polisi sedangkan Sindonews.com menuliskan keseriusan terhadap laporan yang akan dituduhkan kepada Allan dan Tirto.id ke Polisi. 2) Unsur skrip pemberitaan dalam penelitian ini yaitu Tempo.co yang berpihak kepada Allan Nairn dan Tirto.id terhadap tindakan yang dilakukan oleh Hary Tanoe melalui respon dari AJI dan Dewan Pers,sedangkan Sindonews.com lebih menekankan bahwa pihak Hary serius dan melaporkan Allan dan Tirto.id ke Polisi melalui kuasa Hukumnya. 3) Unsur tematik pemberitaan dalam penelitian ini yaitu Tempo.co dan Sindonews.com memiliki dua tema yang berbeda yaitu dengan menggunakan jalur lain dan penekanan akan pelaporan yang mana kedua media tersebut tetap satu tema besar yaitu “laporan Hary Tanoe terhadap Allan dan Tirto.id” 4) Unsur retoris dalam penelitian ini, yaitu Tempo.co dan Sindonews.com menggunakan kata-kata kiasan dalam pemberitaanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kontruksi; Berita Politik; Media Online;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Argument and Persuasion
Political Process
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: djati waluyo
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:46
Last Modified: 29 Oct 2018 02:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16185

Actions (login required)

View Item View Item