Pemberdayaan petani dalam meningkatkan hasil panen melalui gabungan kelompok tani: penelitian di Desa Sukahaji Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut

Kamaludin, Acep (2018) Pemberdayaan petani dalam meningkatkan hasil panen melalui gabungan kelompok tani: penelitian di Desa Sukahaji Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah kesejahteraan petani Desa Sukahaji Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut. Di Desa tersebut mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Desa Sukahaji adalah desa yang memiliki kekayaan alam yang cukup melimpah tetapi karena kurangnya akses pemeliharaan dari desa maka tingkat kesejahteraan petani masih belum tercapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan program kerja Gapoktan di Desa Sukahaji dalam memperdayakan Petani. Kemudian ditinjau dari faktor pendukung dan penghambat program Gapoktan dalam rangka memperdayakan kesejahteraan Petani. Kemudian mengetahui hasil pemberdayaan dalam meningkatkan hasil panen melalui Gapoktan. Teori yang digunakan adalah Stuktural Fungsional dari Talcott Parson yakni AGIL, digunakan untuk menganalisis peran Kelompok tani terhadap pemberdayaan masyarakat Desa, yang dimana terdapat pengertian Pemberdayaan, tujuan Pemberdayaan, bentuk-bentuk Pemberdayaan dan strategi pemberdayaan Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode desktiptif. bertujuan menggambarkan fakta di lapangan tentang Gapoktan sebagai strategi pemberdayaan kesejahteraan petani di Desa Sukahaji. Sumber data penelitian terdiri dari dua sumber yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yakni dengan obeservasi langsung, wawancara mendalam, studi kepustakaan atau dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian betempat di Desa Sukahaji Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut. Hasil penelitian mengenai pemberdayaan petani dalam meningkatkan hasil panen melalui gapoktan dapat dirasakan melalui pelaksanaan program kerja Gapoktann terhadap petani, yakni penyuluhan pertanian dan pengawasan terhadap Kelompoktani yang memang sudah mejadi mekanisme dan program Desa. Terdapat Faktor pendukung yakni dengan adanya bantuan pemberian bibit dan teknologi guna memperlancar segala aktifitas sehari-hari petani. Kemudian faktor penghambat dalam pelaksanaan program ini pun tidak jauh yakni masih teasa kurangnya rasa disiplin yang dilkukan oleh petani salah satunya yakni menggunakan fasilitas tidak sesuai fungsinya. Pendidikan peningkatan produksi, serta demi mencapai swasembada berkelanjutan dan pengembangan sumber daya manusia dalam Gapoktan yang terhimpun dari beberapa kelompok tani yang terdiri dari Kelompoktani Pasirjengkol, Kelompoktani manjahbereum, Kelompoktani Cipanas wetan dan kelompoktani Cipanas kulon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Gapoktan; Hasil;
Subjects: Farm, Farming
Farm, Farming > Organization and Management of Agriculture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: acep kamaludin
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:19
Last Modified: 30 Oct 2018 04:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16226

Actions (login required)

View Item View Item