Persepsi Wartawan Foto tentang Peliputan Peristiwa Kerusuhan : Studi Fenomenologi tentang Pengalaman Peliputan Wartawan Foto Bandung (WFB)

Solihin, Asep (2018) Persepsi Wartawan Foto tentang Peliputan Peristiwa Kerusuhan : Studi Fenomenologi tentang Pengalaman Peliputan Wartawan Foto Bandung (WFB). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Peristiwa kerusuhan terjadi apabila sekelompok orang berkumpul bersama untuk melakukan tindak kekerasan, biasanya sebagai tindak balas terhadap perlakuan yang dianggap tidak adil ataupun sebagai upaya penentangan terhadap sesuatu. Alasan yang sering menjadi penyebab kerusuhan termasuk kondisi hidup yang buruk, penindasan pemerintah terhadap rakyat, konflik agama atau etnis, serta hasil sebuah pertandingan olahraga. Wartawan selalu menjadi sasaran tindak kekerasan saat melakukan peliputan peristiwa kerusuhan. Profesi wartawan sebagai peliput peristiwa dan sudah tercantum dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahman wartawan foto Bandung mengenai peliputan peristiwa kerusuhan, untuk mengetahui pemaknaan wartawan foto Bandung mengenai peliputan peristiwa kerusuhan, serta untuk mengetahui pengalaman wartawan foto Bandung mengenai peliputan peristiwa kerusuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma kontruktivis dan metode fenomenologi, yakni mengetahui dunia dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung atau berkaitan dengan sifat-sifat alami pengalaman manusia yang ditempelkan padanya. Eksplorasi difokuskan pada pengalaman peliputan wartawan foto Bandung mengenai peristiwa kerusuhan, ketika dihadapkan sebuah peristiwa. Untuk memenuhi profesionalisme wartawan foto dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik. Penelitian dilakukukan pada 6 wartawan foto Bandung dalam peliputan peristiwa kerusuhan. Hasil penelitian ini menemukan beberapa fakta. Pertama, dalam pemahaman wartawan foto pada peliputan peristiwa kerusuhan terbagi menjadi tiga, yaitu pemahaman peristiwa kerusuhan, profesionalisme dalam peliputan serta paham akan posisi pada peliputan. Sementara itu, pada penelitian ini memperlihatkan bahwa seluruh informan memaknai peliputan peristiwa kerusuhan sebagai penyampai informasi dan foto yang hasilkan makna dan pesan untuk masyrakat. Selanjutnya pada penelitian ini juga pengalaman Wartawan Foto Bandung (WFB) mempunyai alur atau pola komunikasi pada saat atau sebelum peliputan. Disisi lain pengalaman yang dialami wartawan foto sebagian besar pernah mengalami intimidasi verbal maupun nonverbal. Disamping itu pada pengalaman peliputan juga wartawan foto paham dan melaksanakan peliputan dengan keselamatan kerja didalamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wartawan Foto; Peliputan Berita; Peristiwa Kerusuhan.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Asep Solihin
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:30
Last Modified: 30 Oct 2018 06:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16239

Actions (login required)

View Item View Item