Jurnalis Perempuan Dalam Praktik Jurnlistik : Studi Fenomenologi Profesionalisme Wartawan Perempuan di Media Massa Surabaya

Dwi Cahyanti, Pratiwi (2018) Jurnalis Perempuan Dalam Praktik Jurnlistik : Studi Fenomenologi Profesionalisme Wartawan Perempuan di Media Massa Surabaya. Diploma thesis, UIn Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi selama peliputan di lapangan, menjadikan kerja sebagai wartawan dianggap sebagai pekerjaan yang maskulin. Dengan segala problematika masih banyak dari kalangan perempuan yang memilih berprofesi sebagai wartawan. Untuk menjadi seorang wartawan perempuan, harus memiliki pribadi yang berani dan sigap dalam melakasanakan pekerjaan, profesionalisme kerja di dalam ruang redaksi ataupun diluar lapangan menjadi sifat & sikap yang harus dimiliki wartawan perempuan untuk menghadapi tantangan kerja yang datang kapan saja. Peneliti menemukan 3 rumusan masalah yang akan dibahas lebih dalam dalam penelitian ini, diantaranya : Bagaimana makna profesionalisme bagi jurnalis perempuan, apa latar belakang jurnalis perempuan terjun kedunia jurnalistik, bagaimana pandangan jurnalis perempuan tentang perlakuan wartawan laki-laki terhadap kerja wartawan perempuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori interaksi simbolik dan teori konstrukai sosial, yakni struktur sosial bisa dilihat sebagai hasil produksi interaksi bersama dan juga konstruksi sosial dimana individu menjadi penentu dalam dunia sosial yang dikonstruksi berdasarkan kehendaknya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Dalam studi fenomenologi, tindakan manusia serta segala peristiwa yang telah terjadi dianggap sebagai sebuah realitas yang bermakna. Individu bisa memberikan makna terhadap realitas tersebut. metode ini merupakan pandangan berfikir yang menekankan pada pengalaman-pengalaman manusia dan bagaimana manusia menginterpretasikan pengalamannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa makna profesionalisme jurnalis perempuan adalah sebagai hati nurani dan bentuk tanggung jawab kerja baik dari penulisan dan teknis kerja yang sesuai dengan aturan dan etika jurnalistik. Dengan berbagai macam latarbelakang yang mendorong para jurnalis perempuan terjun kedunia jurnalistik, para jurnalis perempuan mempunya cara profesional untuk mengahadapi problemtika yang datang dari dalam maupun luar lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa jurnalis perempuan dapat memaknai profesioalisme kerja wartawan berdasarkan pengalaman kerja menjadi wartawan. Jurnalis yang profesional dapat dilihat dari bagaimana pengalaman, rasa ingin tahu dan juga pengetahuan. Dengan berbagai macam tantangan yang ada dalam kerja jurnalis menjadi pembelajaran tersendiri bagi para jurnalis perempuan di Media Massa Surabaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jurnalis; Perempuan; Profesionalisme.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Pratiwi Dwi Cahyanti
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:42
Last Modified: 30 Oct 2018 06:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16241

Actions (login required)

View Item View Item