Akuntabilititas laporan keuangan melalui Rasio Kemandirian Keuangan Daerah di Pemerintah Kota Cimahi pada Tahun 2012-2016

Hardinsyahlan, Rifki (2018) Akuntabilititas laporan keuangan melalui Rasio Kemandirian Keuangan Daerah di Pemerintah Kota Cimahi pada Tahun 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Penyajian laporan keuangan yang lengkap secara langsung tersedia dan aksesibilitas bagi pengguna informasi menentukan sejauhmana akuntabilitas (pertanggungjwaban) dalam pengelolaan keuangan daerah tersebut. Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mengisyaratkan bahwa dalam pelaksanaan desentralisasi fiskal, pemerintah daerah diberi keleluasaan untuk mengelola dan memanfaatkan sumber penerimaan yang dimilikinya sesuai dengan aspirasi masyarakat. Pemerintah Kota Cimahi adalah salah satu bagian pemerintahan yang mengelola sumber daya daerahnya sendiri yang masih belum lama ini mengalami pemekaran kota pada tahun 2001. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemandirian suatu daerah pada laporan keuangan daerah pada Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat tahun 2012-2016. Peneliti menggunakan metode perghitungan untuk mengetahui tingkat kemandirian keuangan daerah berdasarkan rasio kemandirian keuangan daerah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menurut Abdul Halim (2007:232) kemandirian keuangan sendiri ditunjukan oleh besar kecilnya pendapatan asli daerah dibandingkan dengan pendapatan daerah yang berasal dari sumber lain misalnya, bantuan pemerintah pusat atau pun dari pinjaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain verifikatif. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi kepustakaan guna mendapatkan data primer dan data sekunder yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat kemandirian keuangan daerah Kota Cimahi pada dua tahun awal yaitu tahun 2012-2013 masuk dalam kategori rendah sekali (instruktif). Hasil dari perhitungan rasio kemandirian keuangan daerah dengan sebesar 20% dan 24%.Sedangkan pada tahun 2014-2016 mununjukan peningkatan dengan sebesar 26% pada tahun 2014, 29% pada tahun 2015 dan tahun 2016 yang tertinggi sebesar 31% yang berada pada interval 25%-50% artinya masuk dalam kategori rendah (konsulatif).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas; Keuangan; Rasio Kemandirian
Subjects: Accounting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Rifki Hardinsyahlan
Date Deposited: 31 Oct 2018 06:54
Last Modified: 31 Oct 2018 06:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16255

Actions (login required)

View Item View Item