Hubungan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa arab pada siswa kelas XI IPS MAN 1 Subang

Ramadhan, Alpian Mugah (2013) Hubungan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa arab pada siswa kelas XI IPS MAN 1 Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB V)
8_ BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi setiap manusia, hal ini dikarnakan pendidikan tidak dapat terlepas dari berbagai aktifitas yang terjadi dalam kehidupan. Adapun salah satu tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Dalam pendidikan, terdapat proses belajar mengajar yang merupakan suatu kegiatan yang dinamis antara pendidik yang melaksanakan tugas mengajar dengan anak didik yang melaksanakan kegiatan belajar, dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Penelitian ini berawal dari setiap siswa yang menginginkan hasil yang terbaik dalam proses pembelajarannya. Salah satu faktor untuk mendapatkan hasil terbaik itu adalah minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar hubungan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi Bahasa Arab pada siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Subang. Peneliti melakukan riset pada populasi siswa yang mempelajari bidang studi Bahas aArab pada kelas XI IPS Mandrash Aliyah Negeri 1 Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat ukur yang digunakan adalah penskalaan Likert (42 item). Adapun reliabilitas skala Minat Belajar Siswa sebesar 0.822. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka dapat disimpulkan bahwa dari 63 siswa kelas XI IPS MAN 1 Subang yang memiliki minat belajar tinggi sebanyak 34 siswa(53,96%) yang memiliki minat belajar rendah sebanyak 29 siswa (46.03%). Adapun siswa yang memiliki Prestasi Belajar tinggin sebanyak 28 siswa (44%), dan siswa yang memiliki Prestasi Belajar rendah sebanyak 35 siswa (56%). Sedangkan hasil uji korelasi terdapat hubungan positif antara minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa arab pada siswa kelas XI IPS Mandrasah Aliyah Negeri 1 Subang, nilai koresainya adalah sebesar 0.090.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prestasi; Minat; Bahasa Arab; MAN 1 Subang;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 31 Oct 2018 08:45
Last Modified: 30 Jul 2019 03:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16278

Actions (login required)

View Item View Item