Pengaruh bimbingan pribadi sosial terhadap penyesuaian diri remaja: penelitian di Pondok Pesantren Yatim dan Duafa Al-Kasyaf Cipadung-Cibiru Bandung

Rahmayani, Eka (2018) Pengaruh bimbingan pribadi sosial terhadap penyesuaian diri remaja: penelitian di Pondok Pesantren Yatim dan Duafa Al-Kasyaf Cipadung-Cibiru Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Remaja pada perkembangannya rentan mengalami masalah karena remaja sedang mencari jatidirinya. Permasalahan tersebut terjadi pula pada remaja yang tinggal di Pondok Pesantren Yatim dan Du’afa Al-Kasyaf ada beberapa aspek permasalahan dalam penyesuaian diri yang terdapat pada anak-anak remajanya yaitu pada masalah pribadi nya masih ada beberapa remaja yang merasa kurang percaya diri, minder, kurangnya motivasi belajar, lalu dalam interaksi sosial nya ada sebagian remaja yang hanya ingin berteman dengan satu teman atau dengan teman satu kampungnya sehingga sulit untuk berbaur dengan yang lainnya. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan diadakannya bimbingan pribadi-sosial terhadap remaja dengan tujuan agar remaja dapat mengatasi masalah pribadinya juga permasalahan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi penyesuaian diri remaja, proses bimbingan pribadi-sosial, dan untuk mengetahui pengaruh bimbingan pribadi-sosial terhadap penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Teori dalam penelitian ini adalah teori Bimbingan Pribadi-Sosial dari Dewa Ketut Sukardi bahwa bimbingan pribadi sosial merupakan usaha bimbingan, dalam menghadapi masalah pribadi-sosial seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Menggunakan data primer melalui observasi, wawancara , dan angket. Informan dalam penelitian ini yaitu ketua yayasan, pembimbing dan santri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling populasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh bimbingan pribadi-sosial terhadap penyesuaian diri remaja di pondok pesantren yatim dan duafa al-kasyaf adalah 33%, dan memiliki korelasi 0,579, ini berarti terdapat pengaruh antara bimbingan pribadi sosial terhadap penyesuaian diri remaja namun berkorelasi agak rendah karena koefisien korelasi 0,579 berada di antara interval 0,41-0,60. Hal tersebut bisa jadi di pengaruhi oleh faktor lain selain bimbingan pribadi-sosial, faktor lain bisa berupa faktor eksternal dan faktor internal, seperti program rutin yang di adakan di pondok pesantren yakni bimbingan teknik life skils (Penulis Produktif dan ahli bicara (da’i)),bisa juga di pengaruhi oleh lingkungan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi Sosial; Penyesuaian Diri; Remaja;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Eka ER Rahmayani
Date Deposited: 01 Nov 2018 07:33
Last Modified: 01 Nov 2018 07:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16306

Actions (login required)

View Item View Item