Pengaruh konseling teman sebaya terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa: penelitian di PIKMA STIKES Dharma Husada Bandung

Nugraha, Desvita (2018) Pengaruh konseling teman sebaya terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa: penelitian di PIKMA STIKES Dharma Husada Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa di Pusat Informasi Konseling STIKes Dharma Husada Bandung memiliki permasalahan dalam hasil belajarnya. mahasiswa tidak bisa menerima nilai akhir yang kurang memuaskan,tugas terbengkalai dan sulit memahami pelajaran. Dengan itu mahasiswa PIKMA STIKES DHB selalu menceritakan permasalahan tersebut dengan teman sebayanya. PIKMA STIKES DHB memiliki program konseling teman sebaya untuk mempasilitasi bagi mahasiswa yang memiliki permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan tahapan proses Konseling Teman Sebaya di Pusat Informasi Konseling Mahasiswa STIKES DHB, untuk mengetahui Hasil belajar Mahasiswa Pusat Informasi Konseling Mahasiswa STIKES DHB, dan untuk mengetahui Pengaruh Konseling Teman Sebaya terhadap peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pusat Informasi Konseling Mahasiswa STIKES DHB. Penelitian ini menggunakan metode kuatitatif deskriftif, dengan menyebarkan angket, wawancara langsung dengan konselor sebaya dan Pembina. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Konseling teman sebaya menggunakan metode konseling individu melalui beberapa tahapan yaitu 1) Tahap Awal 2) Tahap Pertengahan (Tahap Kerja) 3) Tahap Akhir. Hasil belajar mahasiswa PIKMA Berdasarkan penelitian melalui penyebaran angket tentang hasil belajar mahasiswa PIKMA STIKes DHB adalah 79%, angka tersebut dengan presentasi skala nilai kualifikasi masuk kedalam kategori tinggi. konseling teman sebaya terdapat pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa dilihat dari Table output SPPS 24 menunjukan Pv (0,006) artinya Pv lebih kecil dari α, atau 0,006 lebih kecil bila di bandingkan dengan nilai 0,05, maka H0 ditolak. Ini berarti hipotesis yang diajukan menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara konseling teman sebaya terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Adapun besarnya pengaruh konseling teman sebaya terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa adalah 0,143 atau koefisien determinasi pada penelitian ini jika diubah menggunakan presentase adalah 14%. Dapat diketahui bahwa hal ini menunjukan presentase yang didapat dari pengaruh konseling teman sebaya terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 14% dan sisanya 100% - 14% = 86% dipengaruhi oleh faktor lain selain konseling teman sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konseling Teman Sebaya; Hasil Belajar Mahasiswa;
Subjects: Comparative Psychology > Comparative Psychology of Plants
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: desvita nugraha
Date Deposited: 01 Nov 2018 07:17
Last Modified: 01 Nov 2018 07:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16307

Actions (login required)

View Item View Item