Bimbingan masa penyesuaian diri disabilitas netra pada lingkungan baru: penelitian di PSBN Wyata Guna Bandung Jl. Pajajaran No.52, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40172

Ulfah, Sita Maria (2018) Bimbingan masa penyesuaian diri disabilitas netra pada lingkungan baru: penelitian di PSBN Wyata Guna Bandung Jl. Pajajaran No.52, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40172. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Setiap manusia memiliki kebutuhan untuk diterima dan kebutuhan untuk beradaptasi di lingkungannya. Begitupun dengan penyandang disabilitas netra, dengan kekurangan fisik yang dimiliki tentu mereka harus mampu menggali potensi yang ada pada dirinya. Untuk melakukan hal tersebut memerlukan bimbingan dari tenaga yang ahli, baik berupa bimbingan fisik, mental maupun sosial. Sehingga mereka mampu menerima dan menghargai dirinya serta mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penyandang disabillitas masa penyesuaian diri dan untuk mengetahui bimbingan yang dilakukan terhadap disabilitas netra masa penyesuaian diri juga mengetahui hasil dari bimbingan terhadap disabilitas netra masa penyesuaian diri di PSBN Wyata Guna. Penelitian ini didasarkan pada kerangka bahwa dapat dikatakan kepribadian yang sehat ialah individu yang mampu menyesuaikan diri secara baik dengan diri sendiri maupun dengan lingkungan sekitar. Untuk itu tentunya diperlukan bimbingan baik bimbingan fisik, mental maupun sosial. Begitupun dengan penyandang disabilitas netra yang ingin menyesuaikan diri dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) disabilitas netra pada masa penyesuaian diri di PSBN Wyata Guna memiliki karakeristik yang tidak mudah curiga terhadap orang lain, pemberani dan tidak memiliki ketergantungan berlebih terhadap orang lain; (2) proses bimbingan masa penyesuaian diri dimulai dari assesment yang dilakukan secara individu oleh pembimbing, kemudian observasi, pada tahap ini diberikan bimbingan fisik, mental maupun sosial, waiting class, ada tiga kelas: komputer, musik dan KIAB, penjurusan sesuai minat dan bakat mereka baik Massage, Shiatsu dan BMP (Bimbingan Massage Praktis); (3) Adapun hasil dari bimbingan masa penyesuaian diri para disabilitas netra mampu menyesuaikan diri dengan baik, beradaptasi di lingkungan panti maupun lingkungan luar. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa disabilitas netra setelah melakukan proses bimbingan yang ada di PSBN Wyata Guna dapat menyesuaikan diri dengan baik serta mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Penyesuaian Diri; Disabilitas Netra;
Subjects: Physiology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sita Maria Ulfah
Date Deposited: 01 Nov 2018 06:20
Last Modified: 01 Nov 2018 06:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16308

Actions (login required)

View Item View Item