Penerapan pembelajaran kooperatif dengan berbantuan aplikasi equipper school untuk meningkatkan komunikasi matematik siswa: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X TKJ SMK As-Syukron

Nurhayati, Euis Siti (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan berbantuan aplikasi equipper school untuk meningkatkan komunikasi matematik siswa: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X TKJ SMK As-Syukron. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER Euis.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak dan pernyataan.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Bismillah Revisi.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II Bismillah revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III Bismillah revisi ii. pak agusdocx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa di kelas X SMK As-Syukron melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan berbantuan aplikasi equipper school. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK As-Syukron. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus pertama terdiri dari tiga tindakan dan siklus kedua terdiri dari tiga tindakan. Isntrumen yang digunakan penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes kemampuan komunikasi matematik siswa dan skala sikap. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan guru dan siswa meningkat pada setiap tindakan. Dengan hasil persentase aktivitas guru pertemuan ke-1 80%, pertemuan ke-2 100%, pertemuan ke-3 100%, pertemuan ke-4 90%, pertemuan ke-5 100% dan pertemuan ke-6 90%. Adapun hasil persentase aktivitas siswa pertemuan ke-1 62,5%, pertemuan ke-2 75%, pertemuan ke-3 87,5%, pertemuan ke-4 87,5%, pertemuan ke-5 87,5% dan pertemuan ke-6 100%. Kemampuan komunikasi matematik siswa kelas X TKJ SMK As-Syukron mengalami penurunan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan berbantuan aplikasi equipper school dengan nilai persentase kemampuan komunikasi matematik siswa pada siklus I adalah 78,76% kemudian menurun beberapa persen pada siklus II menjadi 78,61%. Keseluruhan kemampuan komunikasi matematik siswa berada pada kriteria baik. Hasil persentase posttest kemampuan komunikasi matematik siswa adalah 78,68%. Sedangkan hasil skala sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan rerata 3,06, hasil skala sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajran kooperatif berbantuan aplikasi equipper school rerata 3,14 dan hasil skala sikap siswa terhadap soal-soal kemampuan komunikasi matematik dengan rerata 2,96. Jadi secara kesuluruhan skala sikap pembelajaran ini adalah positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematik Siswa; Pembelajaran Kooperatif; Equipper School
Subjects: History of Invention of Technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Euis nurhayati
Date Deposited: 01 Nov 2018 06:54
Last Modified: 01 Nov 2018 06:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16317

Actions (login required)

View Item View Item