Penggunaan model pembelajaran concept sentence untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi getaran dan gelombang:penelitian pre-eksperiment di MTs. Asy-Syifa Cipatat Kelas VIII)

Andini, Ainur (2014) Penggunaan model pembelajaran concept sentence untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi getaran dan gelombang:penelitian pre-eksperiment di MTs. Asy-Syifa Cipatat Kelas VIII). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di MTs. Asy-Syifa Cipatat kelas VIII, menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kegiatan belajar siswa kebanyakan hanya sebatas duduk, mendengar, dan menulis kembali yang dipaparkan oleh guru. Pembelajaran hanya berpusat pada guru, sehingga pembelajaran dan pemahaman siswa hanya bergantung pada yang disampaikan guru. Hal ini menyebabkan pemahaman konsep yang dimiliki oleh siswa pada materi fisika masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan model pembelajaran concept sentence. Model pembelajaran concept sentence adalah salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui diskusi dan mengembangkan konsep berdasarkan kata kunci.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran concept sentence dan peningkatan pemahaman konsep siswa dengan penggunaan model pembelajaran concept sentence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII Mts. Asy-Syifa Cipatat. Teknik penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dan yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-A dengan jumlah siswa 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal uraian sebanyak 14 soal pemahaman konsep siswa dan juga lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran concept sentence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa menggunakan model pembelajaran concept sentence dapat terlaksana dengan rata-rata persentase keterlaksanaan secara berturut-turut sebesar 97,1% dan 85,0%. Kemudian terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan setelah diterapkannya model ini ditunjukan oleh indeks normal gain sebesar 0,5. Nilai ini termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran concept sentence dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: concept sentence; pemahaman konsep; getaran; gelombang;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 01 Nov 2018 08:56
Last Modified: 01 Nov 2018 08:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16325

Actions (login required)

View Item View Item