Pengelolaan pemeliharaan citra melalui pameran: Studi kasus Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Indonesia

Qolbiyah, Syifa (2018) Pengelolaan pemeliharaan citra melalui pameran: Studi kasus Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Citra merupakan sesuatu apa yang dilhat oleh masyarakat terhadap suatu intansi, apa yang dilihat oleh masyarakat membentuk persepsi yang membentuk citra instansi. Instansi yang baik akan melahirkan citra yang baik dan mempunyai manfaat-manfaat dalam jangka menengah ataupun dalam jangka yang panjang. Peneliti memilih judul ini dikarenakan tertarik melihat pengelolaan citra melalui pelaksanaan special event yaitu pameran yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian. Kegiatan pameran yang diadakan oleh Kementan memiliki desain yang menarik dan konten acara yang ada didalamnya. Hal ini perlu dipertahankan karena citra yang dikelola oleh Kementerian Pertanian merupakan citra negara juga. Berdasarkan pada konteks diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan peneliti. Adapun pertanyaan tersebut adalah bagaimana tahap riset sebelum melaksanakan pameran, bagaimana tahap penentuan desain dalam penyampaian pesan, bagaimana tahap perencanaan rangkaian acara, bagaimana tahap koordinasi dengan pihak EO, bagaimana tahap evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui keberhasilan pameran dalam pengelolaan dan pemeliharaan citra Kementerian Pertanian. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep Management Special Event menurut Joe Goldblatt untuk melaksanakan special event terbagi menjadi lima tahapan yaitu, research, planning, design, coordinating, dan evaluating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, dimana peneliti dapat menjelaskan secara komprehensif tentang suatu program dengan mendeskripsikan fakta apa yang didapat dilapangan . penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk melaksanakan pameran terbagi menjadi lima tahap, pada tahap pertama yaitu tahap riset, tahap riset dilakukan untuk pencarian data, penentuan tema, konsep desain, tempat dan mencari perusahaan penyelenggaraan event. Tahap kedua yaitu desain, pada tahap ini dilakukan penentuan desain sesuai konsep dan tema, lalu kemudian dituangkan kepada desain yang dieksekusi oleh pihak EO. Tahap ketiga yaitu tahap perencanaan, pada tahap ini mengagendakan pameran, perencanaan rangkaian acara, tujuan-tujuan dari pameran, dan publikasi pameran. Tahap keempat yaitu tahap koordinasi, pada tahap ini dibutuhkannya kerjasama tim pihak Staf Subbagian Pameran dan Peragaan dan kerjasama dengan event organizer. Tahap evaluasi, tahap ini dilakukan untuk sebagai bentuk pembelajaran untuk penyelenggaraan pameran ditahun yang akan datang dan untuk mengetahui kepuasan pengunjung pameran. Untuk mengelola dan memelihara citra lembaga, perlu adanya upaya-upaya yang dilakukan oleh Kementan dalam melaksanakan pameran. Upaya-upaya tersebut berupa acara pendukung, desain yang menarik perhatian pengunjung, dan pesan-pesan yang disampaikan melalui pameran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Citra; Pameran; Kementerian Pertanian
Subjects: Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
History, Events
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Syifa Qolbiyah Wiguna
Date Deposited: 05 Nov 2018 10:19
Last Modified: 05 Nov 2018 10:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16383

Actions (login required)

View Item View Item