Terapi religius sebagai peningkatan motivasi hidup usia lanjut: studi kasus pada lansia di Perumahan Rancaekek Kencana RT/RW 06/14 Blok 14 Kabupaten kota Bandung

Komariah, Kokom (2017) Terapi religius sebagai peningkatan motivasi hidup usia lanjut: studi kasus pada lansia di Perumahan Rancaekek Kencana RT/RW 06/14 Blok 14 Kabupaten kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latarbelakang bahwa memasuki masa lansia biasanya cenderung lebih mendekatkan diri pada agama dan hal-hal yang berguna diakhir kehidupannya dikarnakan untuk mencari kedamaian jiwa dan memohon ampun atas dosa-dosa yang lalu. Tidak adanya motivasi untuk menjalani hidupnya dalam sehari-hari menyebabkan manusia membutuhkan agama untuk solusi hidupnya untuk memperbanyak amal shalih dan meningkatkan keimanan seseorang salah satunya Lansia itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses terapi religius melalui proses keagamaan terhadap Lansia dan selain bagaimana proses terapinya bagaimana peningkatan motivasi dalam hidup Lansia diperumahan Rancaekek Kencana RT/RW 06/14 Blok 14 Kabupaten Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian secara kualitatif yang memiliki beberapa karakteristik yaitu : pertaman, berlangsung dalam latar ilmiyah, kedua, penulisan adalah instrumen atau alat pengukur data yang utama, ketiga, analisis data dilakukan secara induktif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Yang diperoleh secara langsung dari sasaran penelitian beruapa catatan, rekaman, dan data-data dari sumber yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukan bahwa Lansia di Perumahan Rancaekek Kencana sebagain besar memiliki peningkatan motivasi hidup karena secara rutin melakukan aktivitas keagamaan antara lain agar hati mereka merasa tenang, dan damai. Mereka juga ingin menambah ilmu keagamaan, menambah rasa taat kepada Allah SWT., dan lebih mempersiapkan diri untuk menuju kematian. Sehingga terapi religius yang sewajarnya untuk meningkatkan motivasi hidup untuk meneruskan kehidupan selanjutnya sebelum kematian yang sudah pasti itu terjadi kepada semua mahluk hidup dimuka bumi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: terapi religius; motivasi hidup; usia lanjut;
Subjects: Pharmacology and Therapeutics > Theraphists
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:25
Last Modified: 07 Nov 2018 03:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16423

Actions (login required)

View Item View Item