Evaluasi pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam pemberdayaan masyarakat desa di Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Tahun 2011-2016

Latipah, Dida (2018) Evaluasi pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam pemberdayaan masyarakat desa di Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Tahun 2011-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)

Abstract

Alokasi dana desa merupakan dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh kabupaten/kota yang dalam pembagiannya untuk setiap desa dibagikan secara proporsional yaitu paling sedikit 10% (sepuluh persen). ADD diatur dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 yang kemudian dipecah menjadi UU tentang Pemerintahan Daerah, UU Tentang Pemilihan Kepala Daerah dan UU tentang Desa. UU tentang desa inilah yang kemudian sampai sekarang mengatur tentang ADD, yaitu UU Nomor 6 tahun 2014. Menurut Peraturan Bupati Bandung, Alokasi Dana Desa tersebut 70% digunakan untuk pembiayaan pelayanan publik dan 30% untuk operasional pemerintah desa dan BPD. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui evaluasi pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Cinunuk Tahun 2011-2016. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Agus Dharma yang terdiri dari kuantitas, kualitas dan ketepatan waktu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu mendeskripsikan atau menjelaskan bagaimana evaluasi pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam pemberdayaan masyarakat desa di Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Tahun 2011-2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa evaluasi pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Cinunuk Tahun 2011-2016 belum efektif. Bila secara normatif dan administratif, pengelolaan ADD dalam pemberdayaan masyarakat memang sudah dilakukan dengan baik. Dibuktikan dengan Tim PTPKD yang sudah menganggarkan dan membagi dana sesuai dengan persentase 70:30 yang ada dalam Peraturan Bupati. Namun hal tersebut masih belum menyentuh makna pemberdayaan yang sesungguhnya. Masyarakat desa memang aktif berpartisipasi dalam mengikuti musrenbangdes atau musyawarah perencanaan pembangunan desa yang diadakan, namun masih terlalu fokus terhadap pembangunan fisiknya. Tujuan alokasi dana desa sebagai stimulan swadaya gotong royong yang diharapkan masih belum terlaksana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pengelolaan alokasi dana desa
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Dida Latipah Eni
Date Deposited: 08 Nov 2018 03:45
Last Modified: 08 Nov 2018 03:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16503

Actions (login required)

View Item View Item