Konseling individu untuk menangani siswa broken home di MAN 2 Kota Bandung: penelitian di MAN 2 kota Bandung Jalan Desa Cipadung Cibiru Kota Bandung

Sugiana, Pebby Aprilia (2018) Konseling individu untuk menangani siswa broken home di MAN 2 Kota Bandung: penelitian di MAN 2 kota Bandung Jalan Desa Cipadung Cibiru Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BABI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diangkat berdasarkan fenomena yang terjadi di MAN 2 Kota Bandung yaitu ada sekitar 3 siswa broken home 2 diantarnya bisa berinteraksi dengan baik dan l yang mengalami masalah pribadi, sosial, belajar dan karir. Siswa yang broken home di kelas X itu ada 3 siswa, akan tetapi peneliti hanya meneliti 1 Siswa hal dikarenakan 2 diantaranya sudah bisa bersosialisasi dengan baik. Siswa yang mengalami broken home di MAN 2 Kota Bandung tersebut identik memiliki sikap seperti kurang peduli dengan pendidikan, tidak bisa bersosialisasi dengan baik mereka selalu membolos, merokok, prestasi menurun dan lain sebagainya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memiliki komitmen yang kuat dalam mengamalkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, pergaulan dengan teman sebaya, sekolah, tempat kerja maupun masyarakat pada umumnya, memiliki sikap toleransi terhadap umat beragama lain dengan saling menghormati dan memelihara hak dan kewajibannya masing-masing dan memiliki pemahaman dan penerimaan diri secara objektif dan konstruktif, baik yang terkait dengan keunggulan maupun kelemahan, baik fisik maupun psikis. Penelitian ini bersifat kualitatif, dimana satu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, pristiwa, aktivitas social, sikap, kepercayaan, presepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Jenis observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi non partisipan yaitu peneliti tidak terlibat secara aktif dalam kegiatan dan hanya sebagai pengamat pasif selama kegiatan penelitian. Data yang terkumpul lalu dianalisi menggunakan metode deskriftif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disipulkan bahwa konseling individu untuk menangani siswa broken home di MAN 2 Kota Bandung terdapat peningkatan perubahan dalam interaksi sosialnya, siswa broken home dapat bersosialisasi dengan baik, dapat berinteraksi dengana teman-temannya, dapat memendam emosi, lebih percaya diri, mulai fokus dalam belajar, dapat menggungkapkan apa yang ingin dia ingin unggkapan. Perubahan tersebut karena pemberian layanan konseling yang di berikan guru BK terhadap siswa broken home dilakukan secara terus-menerus hingga adanya perubahan terhadap siswa broken home tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Siswa; Broken Home;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Pebby Aprilia Sugiana
Date Deposited: 12 Nov 2018 06:21
Last Modified: 12 Nov 2018 06:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16514

Actions (login required)

View Item View Item