Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas kerja karyawan: studi deskriptif di Sinergi Foundation Bandung Jl. HOS Tjokroaminoto No. 143 Bandung 40173.

Miftahuddin, Miftahuddin (2018) Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas kerja karyawan: studi deskriptif di Sinergi Foundation Bandung Jl. HOS Tjokroaminoto No. 143 Bandung 40173. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Sinergi foundation adalah lembaga independen milik publik yang bertujuan mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi sosial pemberdayaan berbasis wakaf produktif dan ZIS (Zakat, Infaq, Sedekah). Dalam upaya pencapaian tujuan perlu adanya karyawan atau tenaga kerja yang berkualitas. Salah satu yang harus dilakukan adalah proses pengembangan sumber daya manusia. Pada proses ini dilakukan dengan cara pelatihan, pendidikan dan pengembangan karir. Proses ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahi bagaimana proses pelatihan sumber daya manusia yang dilakukan Sinergi Foundation, bagaimana proses pendidikan sumber daya manusia yang dilakukan Sinergi Foundation, bagaimana proses pengembangan karir yang dilakukan Sinergi Foundation dalam upaya meningkatkan kualitas kerja karyawan. Strategi yang dilakukan di antaranya dengan proses pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan adalah usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan karyawan untuk menghadapi penugasan melalui: Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Karir. Dalam penelitian ini diarahkan kepada proses pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan Sinergi Foundation dalam upaya meningkatkan kualitas kerja karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan memakai pendekatan kualitatif, karena memaparkan data-data serta informasi tentang strategi pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan Sinergi Foundation dalam meningkatkan kulitas kerja karyawan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pengembangan sumber daya manusia yang di lakukan Sinergi Foundation cukup efektif melalui proses pelatihan yang didasarkan kepada hasil evaluasi tahunan Sinergi Foundation. Strategi yang dilakukan dalam pelatihan dengan cara on the job, dan merokomendasikan karyawanya untuk mengikuti pelatihan di luar lembaga. Pelatihan karyawan yang ada dikelompokan menjadi beberapa bagian, antara lain pelatiahan dasar dan pelatihan lanjutan. Proses pendidikan karyawan di Sinergi Foundation lebih dititik beratkan kepada pemahaman teoritik karyawan. Straregi yang digunakan dengan cara mengadakan pendidikan di dalam lembaga dan menyekolahkan karyawannya untuk mengikuti pendidikan di luar. Pengembangan karir di Sinergi Foundation didasarkan pada kualitas dan kuantitas karyawan, selain daripada itu pimpinan mempunyai kebijakan dan arahan terhadap seluruh karyawan yang ada di struktural Sinergi Foundation untuk mempunyai konsep yang nantinya akan diterapkan di depatremennya masing masing, dengan tujuan agar setiap departemen mempunyai inovasi baru tentang pengembangan departemennya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan; Sumber Daya Manusia; kualitas Kerja
Subjects: Islam > Organizations of Islam
General Management > Personnel Management
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Miftahuddi Ismail Arfat
Date Deposited: 19 Nov 2018 06:36
Last Modified: 19 Nov 2018 06:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16521

Actions (login required)

View Item View Item