Penerapan metode permaainan edukatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab materi في الفصل: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Al-Hikmah Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Fikriyah, Siti Nur (2018) Penerapan metode permaainan edukatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab materi في الفصل: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Al-Hikmah Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan, bahwa dalam pembelajaran Bahasa Arab dikelas V MI Al Hikmah Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, guru ketika mengajar hanya menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab yang menuntut siswa hanya menulis dan mendengarkan saja sehingga dalam kegiatan pembelajaran kurang menarik minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dari proses kegiatan pembelajaran dan aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan metode permainan edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan setelah penerapan metode permainan edukatif dalam mata pelajaran Bahasa Arab materi في الفصل terhadap siswa kelas V MI Al Hikmah Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Penelitian ini didasarkan dalam kajian teoretis yang menyatakan bahwa metode permainan edukatif dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, sehingga penulis menentukan hipotesis tindakan penerapan metode permainan edukatif dalam mata pelajaran Bahasa Arab dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode permainan edukatif yang digunakan adalah Broken Square, dengan membuat beberapa teks arab, bentuk siswa dalam beberapa kelompok, guru membagikan teks kalimat yang telah dipotong-potong, dan susun kembali menjadi sebuah kalimat yang benar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Bentuk penelitian ini bersifat reflektif dengan menggunakan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional. Tahap-tahap pelakasanaan tindakan kelas yang pelaksanaan tindakannya terdiri atas beberapa siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap plan, action/observation, dan reflective. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata persentase di setiap siklusnya, pada pra siklus mencapai 35,92% dengan kategori kurang aktif, siklus I mencapai 51,74% yang termasuk pada kategori cukup aktif, dan siklus II mencapai 75,22% yang termasuk pada kategori aktif, sementara itu aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dapat dilihat dari rata-rata persentase yaitu pada pra siklus 70% ,siklus I mencapai 75% dan siklus II yaitu sebesar 90%. Aktivitas belajar siswa setelah menggunakan metode permainan edukatif mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode permainan edukatif dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa arab materi في الفصل terhadap siswa kelas V MI Al Hikmah Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa; Bahasa Arab; Metode Permainan Edukatif;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: siti fikriyah
Date Deposited: 09 Nov 2018 08:07
Last Modified: 09 Nov 2018 08:07
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16533

Actions (login required)

View Item View Item