Pengaruh informasi kesehatan reproduksi pada sikap remaja terhadap perilaku seksual pranikah:studi pada Siswa SMK “Y” Kelas XI Palabuhanratu Sukabumi

Nur Saadah, Siti (2014) Pengaruh informasi kesehatan reproduksi pada sikap remaja terhadap perilaku seksual pranikah:studi pada Siswa SMK “Y” Kelas XI Palabuhanratu Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Pengetahuan informasi kesehatan reproduksi penting sebagai upaya untuk pencegahan perilakus seksual pranikah pada remaja. Di era yang semakin berkembang akses pengetahuan yang kurang representatif serta karakteristik remaja yang serba ingin tahu dan mencoba hal-hal baru, perlu diberikannya sarana pengetahuan yang memadai dan dapat dipertanggungjawabkan. Terutama masalah kesehatan reproduksi remaja kebanyakan mencari informasi dari media sosial dari pada bertanya kepada orangtua dan guru serta jarang sekali mendiskusikannya dengan teman karena hal itu dirasa masih tabu untuk diperbincangkan. Pemberian informasi kesehatan reproduksi diberikan untuk merubah sikap remaja terhadap perilaku seksual pranikah sebagai upaya pencegahan perilaku seksual pranikah yang semakin marak dewasa ini di kalangan remaja. Dimana, sikap terdiri dari kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan), dan konatif (kecendurang untuk bertindak/ tindakan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian informasi kesehatan reproduksi pada sikap remaja terhadap perilaku seksual pranikah pada siswa SMK “Y” kelas XI Palabuhanratu. Metode yang digunakan adalah eksperimen true dengan desain post tes only group design. Dengan pengambilan sampel secara simple random sampling untuk memilih subjek masing-masing kelompok perlakuan 20 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Sikap terhadap perilaku seksual yang disebarkan kepada 60 subjek penelitian. Skala Sikap ini terdiri dari 50 item. Diberikan setelah diberikan perlakuan yaitu masing-masing subjek dikelompokkan secara acak ke dalam tiga kelompok yaitu kelompok eksperimen I (diberikan informasi kesehatan reproduksi manusia dari BKKBN), kelompok eksperimen II (diberikan informasi kesehatan reproduksi manusia dari BKKBN serta pemahaman agama dari konsep pendidikan seks Islami dari Purwakania Hasan), dan kelompok Kontrol (diberikan informasi reproduksi manusia sesuai kurikulum KTSP mata pelajaran Biologi). Masing-masing kelompok tersebut terdiri dari 20 orang. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan sikap terhadap perilaku seksual pranikah diantara ketiga kelompok perlakuan adalah uji ANOVA. Hasil analisis tersebut menunjukkan adanya perbedaan sikap yang dihasilkan oleh ketiga kelompok perlakuan tersebut yang ditunjukkan oleh angka Sig = 0,017 (P <0,05), sehingga hipotesis yang menyatakan ada perbedaan sikap terhadap perilaku seksual pranikah diantara kelompok eksperimen I, eksperimen II, dan kontrol diterima. Selain itu dari hasil perhitungan Post Hoc Tukey didapat bahwa pada kelompok eksperimen I paling banyak menghasilkan sikap yang negatif terhadap perilaku seksual pranikah. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian informasi kesehatan reproduksi yang diberikan oleh BKKBN berpengaruh terhadap sikap remaja pada perilaku seksual pranikah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Reproduksi Manusia; Sikap; Perilaku Seksual Pranikah;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Sex Psychology and Psychology of The Sexes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 12 Nov 2018 18:00
Last Modified: 12 Nov 2018 18:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16537

Actions (login required)

View Item View Item