Dampak pembangunan jembatan Bekasi-Karawang terhadap perubahan sosial masyarakat: studi kasus pada masyarakat di Wilayah Desa Setia Laksana, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi.

Hidayat, Tedi (2014) Dampak pembangunan jembatan Bekasi-Karawang terhadap perubahan sosial masyarakat: studi kasus pada masyarakat di Wilayah Desa Setia Laksana, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB V)
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Salah satu kebijakan pemerintah untuk membangkitkan perekonomian negara atau sebuah wilayah adalah dibangunnya infrastruktur, di antaranya jembatan. Akan tetapi pembangunan infrastruktur biasanya membawa perubahan sosial di masyarakat. Perubahan sosial yang terlihat akibat pembangunan jembatan Bekasi-Karawang adalah terjadinya perubahan struktur masyarakat agraris menjadi masyarakat pedagang, serta perubahan perilaku sosial di masyarakat. Adanya jembatan Bekasi-Karawang di Desa Setia Laksana Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi, menyebabkan perubahan sosial pada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran singkat perilaku sosial masyarakat, serta perubahan sosial pada masyarakat Desa Setia Laksana, yang terjadi sebagai dampak dari pembangunan jembatan Bekasi-Karawang. Di samping itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perubahan sosial itu sendiri. Kerangka pemikiran yang digunakan adalah perubahan sosial. Perubahan sosial adalah pergeseran nilai, kebiasaan, norma, struktur dan infrastruktur yang terjadi di masyarakat. Manusia selama hidupnya pasti mengalami perubahan-perubahan, baik mengenai nilai-nilai sosial, pola-pola perilaku sosial, susunan lembaga masyarakat, interaksi sosial dan lainnya. Salah satu penyebab perubahan sosial adalah pembangunan infrastruktur baru, seperti jembatan, di mana selain berfungsi untuk menghubungkan satu daerah dengan daerah lain yang terhalang oleh sungai dan lainnya, jembatan juga berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian suatu daerah. Metode utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan karakteristik sebuah masyarakat tertentu. Di mana bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat dan hubungan antara fenomena yang akan diuraikan melalui pengolahan data, analisis data, dan terakhir diambil kesimpulan untuk dibuat dalam laporan penelitian. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa di Desa Setia Laksana, adanya pembangunan Jembatan Bekasi-Karawang berdampak pada lunturnya sikap kegotongroyongan. Selain itu, dampak pembangunan Jembatan Bekasi-Karawang mengakibatkan tiga perubahan sosial, yaitu perubahan kesehatan (manusia dan lingkungan), ekonomi, dan keagamaan. Faktor penyebabnya yaitu alih fungsi lahan yang semula mayoritas pertanian berubah menjadi jalan, pertokoan, pemukiman masyarakat, kulturalisasi budaya dan kepadatan penduduk, serta perubahan masyarakat agraris menjadi pedagang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bekasi; Karawang; Sosial; Masyarakat; Jembatan;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 12 Nov 2018 18:02
Last Modified: 12 Nov 2018 18:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16557

Actions (login required)

View Item View Item