Persepsi masyarakat terhadap upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga oleh P2TP2A: studi terhadap masyarakat di Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung

Sarah, Muthyani (2018) Persepsi masyarakat terhadap upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga oleh P2TP2A: studi terhadap masyarakat di Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa begitu banyaknya tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak dalam rumah tangga, fenomena tersebut merupakan suatu masalah sosial yang sangat serius dan merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia. Hal tersebut terjadi akibat ketidaksetaraan dan keadilan gender. Kondisi tersebut biasanya dipicu oleh pandangan yang membedakan antara posisi laki-laki dan perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga oleh P2TP2A Kota Bandung, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi P2TP2A Kota Bandung dalam upaya pencegahan tindak kekerasan dalam rumah tangga, dan persepsi masyarakat terhadap upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga oleh P2TP2A. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tindakan sosial dari Max Weber. Teori ini mengemukakan bahwasannya tindakan sosial adalah semua tindakan manusia yang berkaitan dengan sejauh mana individu yang bertindak itu memberinya suatu makna subyektif bagi dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis berusaha mendeskripsikan, menganalisis, mengungkapkan fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan. Data penelitian ini bersumber dari data primer dengan wawancara, observasi. Selain itu sumber data dilengkapi data sekunder berupa referensi buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga P2TP2A bekerja sama dengan beragam organisasi wanita seperti Dharma Wanita, PKK, dan membentuk kelompok Pusat Layanan Informasi Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PLI-PPA) pada tingkat kelurahan yang terdapat pada RW 08 Kelurahan Sukamiskin. Upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh P2TP2A meliputi sosialisasi melalui media cetak, media elektronik dan penyuluhan. Sosialisasi dilaksanakan pada tingkat kelurahan seperti pada acara perkumpulan PKK, Posyandu dan lain sebagainya dengan mengundang ibu-ibu kader dan para ketua RW dan RT. Persepi masyarakat pun bermacam-macam setelah dilaksanakan sosialisasi tentang upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga oleh P2TP2A. Ada yang memberikan persepsi positif dan ada yang memberikan persepsi negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat; Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga;
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Sensory Perception
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muthyani Sarah
Date Deposited: 12 Nov 2018 06:19
Last Modified: 12 Nov 2018 06:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16563

Actions (login required)

View Item View Item