Perbandingan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan metode Think, Pair and Share dan metode Problem Solving: quasi eksperimen dalam materi jual beli di kelas ix MTs Annida Al Islamy Bekasi

Mursyidi, Wathroh (2018) Perbandingan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan metode Think, Pair and Share dan metode Problem Solving: quasi eksperimen dalam materi jual beli di kelas ix MTs Annida Al Islamy Bekasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Secara umum penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis adalah penggunaan metode pembelajaran. Kenyataan penggunaan metode dalam pembelajaran di MTs Annida Al Islamy Bekasi pada mata pelajaran Fikih masih kurang maksimal. Metode yang digunakan berpusat pada guru, padahal kompetensi kognitif peserta didik dalam mata pelajaran Fikih di MTs Annida Al Islamy Bekasi dalam kategori cukup baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Jual Beli dengan menggunakan metode Think, Pair, and Share; (2) mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Jual Beli dengan menggunakan metode Problem Solving; (3) menganalisis perbandingan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran materi Jual Beli yang menggunakan metode Think, Pair, and Share dan metode Problem Solving; (4) mengidentifikasi tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran metode Think, Pair, and Share dan metode Problem Solving. Penelitian ini bertolak pada kajian teoretis yang menyatakan bahwa dengan metode Think, Pair and Share peserta didik dapat bekerja sama dalam kelompok dan saling bertukar pikiran, ide, gagasan tentang suatu hal yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis mereka. Melalui metode Problem Solving ini juga peserta didik dapat belajar berinteraksi dalam memecahkan masalah untuk mendapatkan pemahaman sendiri, dan melalui pengalaman akan membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperiment non equivalent control grup design. Desain penelitian dengan 2 kelas eksperimen. Proses sampling dengan metode nonprobability sampling sebanyak 40 siswa dari kelas IX MTs Annida Al Islamy Bekasi. Analisis komparasi menggunakan U-Test Mann Whitney, karena data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan metode think, pair and share mendapat rata-rata hasil pretest 72,75 dengan interpretasi baik dan hasil posttest 85,5 dengan interpretasi sangat baik. Keterlaksanaan pembelajaran dengan metode problem solving mendapat rata-rata hasil pretest 72,5 dengan interpretasi baik dan hasil posttest 87,5 dengan interpretasi sangat baik. Perbedaan kemampuan berpikir peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran dengan metode think, pair, and share sebesar 59,5% yang artinya sedang; sedangkan dengan metode problem solving sebesar 115,11% yang artinya sangat tinggi. Dengan membandingkan kedua metode berdasarkan hasil uji hipotesis maka metode problem solving dinilai lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Oleh sebab itu, lebih disarankan untuk menggunakan metode problem solving dalam pembelajaran fikih agar kemampuan berpikir kritis semakin optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode; Berpikir Kritis; Fikih;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Wathroh Mursyidi
Date Deposited: 13 Nov 2018 03:57
Last Modified: 13 Nov 2018 03:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16597

Actions (login required)

View Item View Item