Perbandingan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dan make a match pada mata pelajaran PAI

Rahmawati, Tresmia (2014) Perbandingan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dan make a match pada mata pelajaran PAI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMP Az-Zahra Bandung. Dimana guru masih menggunakan pembelajaran konvensional seperti ceramah serta kurangnya peran serta keaktifan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya penggunaan strategi pembelajaran baru yang dapat memberikan kontribusi dalam upaya perbaikan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam diantaranya adalah model pembelajaran cooperative tipe Scramble dan Make a Match. Melalui pembelajaran kooperatif ini siswa dapat mengerjakan sesuatu secara bersama-sama dengan saling membantu satu sama lainnya sebagai satu kelompok. Dengan kondisi demikian maka siswa akan lebih cepat dan mudah menerima materi pembelajaran sehingga siswa akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan tipe Scramble dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tipe Make a Match, perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran ketentuan-ketentuan shalat jum’at antara menggunakan model Cooperative Learning tipe Scramble dengan tipe Make a Match. Penelitian ini mengamati respon siswa terhadap pembelajaran ketentuan-ketentuan shalat jum’at dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Scramble dengan tipe Make a Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental design, penelitian ini dilaksanakan di SMP Az-Zahra Bandung pada kelas VII semester II. Tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu Pretest sebagai pendahuluan, Posttest sebagai hasil penelitian, angket sebagai data pendukung. Populasi berjumlah 40 siswa yang terbagi kedalam 2 kelas. Adapun data yang diperoleh berupa data kuantitatif yakni tes pilihan ganda dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai Posttest pada kelas Scramble sebesar 74.25 dan pada kelas Make a Match 75.75. kemudian setelah melalui pengujian statistik pada taraf signifikansi 5% (dikarenakan uji dua pihak maka 0.025 (p)) diperoleh hasil Ztabel 1.96 < Zhitung sebesar 3.098. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan antara yang menggunakan model tipe Scramble dan tipe Make a Match pada materi ketentuan-ketentuan shalat jum’at. Respon siswa pada model pembelajaran Scramble memperoleh hasil sebesar 3.92 dengan kategori tinggi dan Make a Match sebesar 3.93 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi ketentuna-ketentuan shalat jum’at dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Scramble.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif; Scramble; Make a Match; PAI;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 27 Nov 2018 02:31
Last Modified: 27 Nov 2018 02:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16637

Actions (login required)

View Item View Item