Peran Program Keluarga Harapan (PKH) dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif di Desa Sukamaju Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya

Nuraeni, Lilis (2018) Peran Program Keluarga Harapan (PKH) dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif di Desa Sukamaju Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan di negara-negara berkembang khususnya menarik perhatian berbagai kalangan baik para akademis maupun para praktisi. Di Indonesia masalah kemiskinan merupakan masalah sosial yang senantiasa relevan untuk dikaji secara berkelanjutan. untuk meminimalisir permasalahan perekonomian masyarakat, khususnya kemiskinan yang terus bertambah setiap harinya maka pemerintah Indonesia melalui Kementrian Sosial mengeluarkan Program Keluarga Harapan (PKH). Program ini dilaksanakan oleh Dinas Sosial yang merupakan Instansi Pemerintah yang bergerak di bidang sosial. Program PKH ini bertujuan untuk mengembangkan sistem perlindungan sosial terhadap warga miskin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Sukamaju melalui bidang pendidikan dan bidang kesehatan yang ditinjau dari proses pelaksanaan program PKH dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat di Desa Sukamaju, sehingga menghasilkan kesejahteraan masyarakat yang menerima bantuan PKH. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan pembahasan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teori Edi Suharto (2017) yang berpandangan bahwa kegiatan Kesejahteraan Sosial harus melibatkan akivitas yang terorganisir dalam penyelenggaraannya baik oleh lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta yang bertujuan untuk mencegah, mengatasi atau memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah sosial, peningkatan kualitas hidup individu, kelompok dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga bersifat kualitatif, sehingga data yang di kumpulkan kemudian di analisis dengan memilih dan mengklasifikasikan data tersebut agar mempermudah dalam menarik sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peran Program Keluarga Harapan (PKH) sangat nampak dalam bidang pendidikan dan bidang kesehatan yang dialami bagi warga masyarakat Desa Sukamaju yang menerima atau menjadi peserta PKH ini, karena dalam kedua bidang tersebut mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah meningkatnya bidang pendidikan dan bidang kesehatan dengan adanya bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Harapan; Kesejahteraan Sosial
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: lilis nuraeni abudin
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:12
Last Modified: 12 Feb 2019 06:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16641

Actions (login required)

View Item View Item