Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada submateri pencemaran lingkungan: penelitian pada siswa kelas VII MTs Negeri 2 kota Bandung

Vera, Silviyani Lusi Louis (2014) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada submateri pencemaran lingkungan: penelitian pada siswa kelas VII MTs Negeri 2 kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK JADI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text (BAB 5)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan sebagian besar nilai siswa pada pelajaran biologi di sekolah tersebut belum tuntas yaitu dengan persentase siswa yang nilainya diatas KKM sebesar 25%, rata-rata KKM sebesar 26% dan dibawah KKM sebesar 49%. Penyebabnya adalah proses pembelajaran masih menggunakan pola pembelajaran yang bersifat teacher centered sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan model pembelajaran yang melibatkan peran serta siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran serta untuk memperoleh informasi hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design lalu setelah itu digunakan pengukuran terhadap variabel dependen. Penelitian ini dilaksananakan di MTS Negeri 2 kota Bandung. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa MTs Negeri 2 kota Bandung tahun ajaran 2013/2014 dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-H dan VII-E yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Penentuan sample dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik sampling purposive. Tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah postest, selain itu digunakan lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT. Adapun data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang dianalisis menggunakan uji statistik dan kemudian dideskripsikan. Dari hasil penelitian didapatkan hasil rata-rata postest pada kelas eksperimen 82,92 dan pada kelas kontrol 70, nilai KKM ranah kognitif submateri pencemaran lingkungan yaitu 74. Artinya hasil rata-rata postest kelas eksperimen lebih besar daripada nilai KKM, sedangkan hasil rata-rata posttest kelas kontrol lebih kecil daripada nilai KKM. Selain itu dilakukan uji hipotesis mann-whitney pada taraf signifikasi 5%, maka didapatkan Zhitung > Ztabel yaitu 3,35 > 1,65, berarti H0 ditolak, Ha ditetima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa lebih mendominasi daripada guru dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 91,88%, dan 90%. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT memperoleh presentase N-gain 70% yang berkategori tinggi artinya Model pembelajaran kooperatif TGT berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada sub-materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Negeri 2 kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Team Game Tournamet; Lingkungan; Pencemaran;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 15 Nov 2018 03:15
Last Modified: 15 Nov 2018 03:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item View Item