Analisis perbandingan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah merger: studi pada PT. Surya Citra Media Tbk Periode 2010-2016

Herlinasari, Asti (2018) Analisis perbandingan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah merger: studi pada PT. Surya Citra Media Tbk Periode 2010-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Merger adalah perbuatan hukum yang dilakukan oleh satu badan usaha atau lebih untuk menggabungkan diri dengan badan usaha lain yang telah ada yang mengakibatkan aset dan kewajiban dari badan usaha yang menggabungkan diri beralih karena hukum kepada badan usaha yang menerima penggabungan dan selanjutnya status badan usaha yang menggabungkan diri berakhir karena hukum. Merger telah banyak dilakukan, baik pada perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Salah satu perusahaan yang melakukan merger ialah PT. Surya Citra Media Tbk. Pada dasarnya tujuan perusahaan melakukan merger yaitu untuk menambah nilai perusahaan yang dapat dilihat dari kinerja keuangan. Kinerja keuangan adalah keadaan suatu perusahaan yang bisa dianalisis untuk memberikan informasi sejauhmana kemampuan perusahaan dalam melakukan kegiatannya. Kinerja keuangan dapat dilihat dan dihitung melalui rasio-rasio keuangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menguji apakah merger memberikan perbedaan yang signifikan ke arah yang lebih baik bagi perusahaan atau tidak. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kinerja keuangan yang diukur dengan rasio profitabilitas yang terdiri dari Net Profit Margin (NPM), Gross Profit Margin (GPM), Return on Investment (ROI), Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE). Sumber data yang digunakan adalah sekunder, yaitu data laporan keuangan perusahaan. Metodelogi penelitian yang digunakan yaitu jenis kuantitatif. Kemudian menggunakan analisis deskriptif dan analisis komparatif. Pengambilan sampel digunakan dengan cara Judgement Sampling yaitu mengambil sampel yang dipilih karena disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Maka sampel yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan PT. Surya Citra Media Tbk periode 2010-2016. Analisis komparatif yang dilakukan adalah menggunakan uji Paired Simple t-test menggunakan SPSS 24. Berdasarkan hasil perhitungan Paired Sample t-test dengan tingkat kepercayaan 95%, menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada semua variabel yang diteliti, dengan nilai signifikansi NPM sebesar 0,011, GPM sebesar 0,039, ROI sebesar 0,002, ROA sebesar 0,033 dan ROE sebesar 0,018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan; Merger;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: asti herlinasari
Date Deposited: 14 Nov 2018 07:26
Last Modified: 14 Nov 2018 07:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16659

Actions (login required)

View Item View Item