Konseling individual untuk meningkatkan Self Control pada peserta didik madrasah tsanawiah negeri 2 Bekasi : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bekasi

Muzdalifah, Tia (2018) Konseling individual untuk meningkatkan Self Control pada peserta didik madrasah tsanawiah negeri 2 Bekasi : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Tia Muzdalifah. Konseling Individual Untuk Meningkatkan Self Control Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bekasi. Salah satu tugas perkembangan yang akan di tempuh pada masa remaja yakni mengharapkan dan mencapai perilaku sosial yang bertanggung jawab serta mencapai kemandirian emosional. Di usia remaja kemampuan mengontrol diri berkembang seiring dengan kematangan emosi. Remaja dikatakan telah mencapai kematangan emosi apabila remaja tidak menunjukkan emosi yang meledak-ledak dihadapan orang lain, melainkan menunggu saat yang tepat untuk menggunakan emosi mereka dengan cara yang lebih dapat diterima dilingkungan sekitarnya. Seperti halnya masalah pada self control yang dimiliki peserta didik kelas 7, 8 dan 9 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bekasi masih sangat rendah, karena masih banyak peserta didik yang belum mampu mengontrol dirinya sendiri dalam berperilaku, pengetahuan serta mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari. Jika seorang individu tidak dapat mengontrol dirinya dengan baik, maka individu akan dikuasai oleh dorongan dan keinginan yang akan lebih menyebabkan timbulnya perilaku-perilaku yang banyak merugikan dirinya sendiri. Kemudian kontrol diri seorang individu tidak dapat berkembang dengan baik dan akan menghambat proses pendewasaan individu, karena pendewasaan seseorang tergantung pada kemampuan diri dalam melakukan pengontrolan terhadap dirinya sendiri. Semakin dewasa seseorang maka semakin pandai individu dalam menguasai dan mengontrol diri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) program konseling individual pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bekasi; 2) proses konseling individual untuk meningkatkan self control pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bekasi; 3) hasil konseling individual pada peserta didik di Madrasah Negeri 2 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data observasi, analisis dan wawancara langsung dengan beberapa peserta didik, kepala sekolah, dan guru BK. Dan memberikan gambaran sesuai fakta lapangan mengenai konseling individual untuk meningkatkan self control pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bekasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bekasi mulai menyadari bahwa self control adalah salah satu kemampuan yang harus mereka miliki dan kembangkan, permasalahan yang berkaitan dengan self control harus mampu mereka atasi agar mereka bisa menjadi peserta didik yang jauh lebih mampu mengontrol emosi, mengontrol kognitif, dan mengontrol tingkah laku dengan teman-teman ataupun dengan para guru dan pihak lain yang mereka temui dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konseling; self control; madrasah; tsanawiyah
Subjects: Subconscious and Altered States and Process
Subconscious and Altered States and Process > Id, Ego, Superego
Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Tia Muzdalifah
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:45
Last Modified: 27 Jun 2019 03:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16670

Actions (login required)

View Item View Item