Penerapan metode course review horay untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada pembelajaran tematik subtema 4 pengalamanku di tempat wisata: penelitian tindakan kelas di kelas II MI Al-Hikmah Cikoneng Kabupaten Bandung

Hoerunisa, Ira (2018) Penerapan metode course review horay untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada pembelajaran tematik subtema 4 pengalamanku di tempat wisata: penelitian tindakan kelas di kelas II MI Al-Hikmah Cikoneng Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover

Download (36kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi

Download (54kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1

Download (232kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang terdapat pada Pembelajaran Tematik di kelas II MI Al-Hikmah Cikoneng Kabupaten Bandung, bahwa hasil pemahaman belajar siswa belum mencapai nilai KKM. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang hanya berpusat pada guru (teacher center) dan tidak berpusat pada siswa (student center), guru jarang menggunakan media, Metode pembelajaran yang bersifat monoton, sehingga pemahaman belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pemahaman belajar siswa sebelum menggunakan metode Course Review Horay 2) proses pembelajaran dengan menggunakan metode Course Review Horay pada setiap siklus 3) pemahaman belajar siswa setelah menggunakan metode Course Review Horay pada setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pemahaman belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor. Salah satunya penerapan metode yang tepat, termasuk metode Course Review Horay. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode Course Review Horay diduga dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa pada pembelejaran tematik subtema 4 pengalamanku di tempat wisata. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui II siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan deskriptif untuk data kualitatif dan menggunakan statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa 1) pemahaman belajar siswa sebelum menggunakan metode Course Review Horay masih rendah dengan nilai rata-rata 48 dan persentase ketuntasan belajar hanya mencapai 25% 2) Penerapan metode Course Review Horay berjalan baik sesuai dengan tahapannya, aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklus pada siklus I mencapai 60% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 95% dengan predikat sangat baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 55% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90% dengan predikat sangat baik 3) Pemahaman belajar siswa setelah diterapkan metode Course Review Horay juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65 dengan persentase sebesar 50% kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 91,5 dengan persentase sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Course Review Horay; Pemahaman Belajar;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ira Hoerunisa
Date Deposited: 15 Nov 2018 01:20
Last Modified: 15 Nov 2018 01:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16673

Actions (login required)

View Item View Item