Perilaku sosial remaja dalam mengisi waktu luang: studi deskripsi di Kampung Cikalang Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Zein, Muhammad Amin (2018) Perilaku sosial remaja dalam mengisi waktu luang: studi deskripsi di Kampung Cikalang Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_datarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari perilaku sosial remaja dalam mengisi waktu luang yang berada di Kampung Cikalang Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Setiap orang memiliki waktu luang yang berbeda-beda. Dalam mengeksistensikan perannya di tengah-tengah pergaulan sesama remaja yaitu untuk mendapkan solidaritas sosial. Tentunya tidak semua perilaku waktu luangnya positif, akan tetapi ada juga aktivitas-aktivitas negatif. Dalam usia remaja cenderung untuk bermain bersama teman dan lain-lain. sedangkan usia produktif cenderung lebih digunakan untuk rutinitas bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas remaja dalam mengisi waktu luang dan dampak positif serta negatif dalam mengisi waktu luang. Penelitian ini berangkat dari teori perilaku seseorang yang tidak dapat berdiri sendiri, tetapi ada faktor dari dalam diri (Niat dan tekad) dan juga faktor dari luar (stimulus dan lingkunagn). Waktu luang adalah salah satu faktor terbentuknya perilaku seseorang. Perilaku remaja dapat dipengaruhi oleh seberapa besar remaja dalam memanfaatkan waktu luangnya. Sebagaimana pendapat Soejono Soekanto, menyatakan bahwa salah satu penyebab terjadinya kenakalan remaja karena waktu yang terulang tidak dipergunkan dengan sebaik mungkin atau memang tidak ada wadah untuk menyalurkan ketegangan-ketegangan dalam diri para remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan informan, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memperoleh gambaran yang tepat, aktual serta akurat mengenai fakta dan fenomena yang ada dilapangan. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas-aktivitas remaja dalam mengisi waktu luangnya sangat beragam. Adapun aktivitas tersebut dibagi menjadi tiga jenis aktivitas yaitu, pertama aktivitas olahraga dan rekreasi, kedua aktivitas sosial, ketiga aktivitas pengembangan kapasitas diri. Masing-masing remaja berbeda dalam mengambil atau menentukan jenis aktivitas yang dilakukan untuk mengisi waktu luangnya tergantung dari faktor ekonomi, teman/lingkungan, minat dan karakter individu sendiri. Dampak positif dalam mengisi waktu luang bisa memberikan penyegaran bagi tubuh, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Dampak negatifnya jika waktu luang disalahgunakan dengan yang kurang baik maka akan bisa menimbulkan kepada yang kurang baik (Negatif).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku; Sosial; Remaja; Waktu Luang;
Subjects: Criminal Law > Criminals
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Amin Zein
Date Deposited: 16 Nov 2018 09:00
Last Modified: 16 Nov 2018 09:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16740

Actions (login required)

View Item View Item