Studi komparatif sikap syukur siswa yang mendapatkan bimbingan klasikal di SMA Plus Babussalam Ciburial dan SMA Al-Falah Dago

Nurjaman, Ade (2018) Studi komparatif sikap syukur siswa yang mendapatkan bimbingan klasikal di SMA Plus Babussalam Ciburial dan SMA Al-Falah Dago. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Akhlak remaja di Indonesia akhir-akhir ini sangat memprihatinkan. Dimana semakin majunya moderenisasi semakin muncul pula penyimpangan di kalangan masyarakat khususnya remaja. Salah satunya penyimpangan akhlak, sekarang ini banyak remaja yang tidak memperhatikan akhlaknya, diantaranya sikap syukur terutama sikap syukur pada remaja usia SMA. Bimbingan klasikal yang dilaksanakan di sekolah merupakan salah satu cara untuk memunculkan sikap syukur tersebut. Tujuan dari penelitian ini, yakni untuk mengetahui perbandingan sikap syukur siswa yang mendapatkan bimbingan klasikal di SMA Plus Babussalam dan SMA Al-Falah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode komparatif atau perbandingan dengan jenis data kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa dari kelas 11 dan kelas 12 di SMA Plus Babussalam dan SMA Al-Falah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode angket memakai skala likert. Dimana Skala likert pada penelitian ini yakni skala sikap syukur. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dimana hasil uji coba instrumen tersebut menunjukkan bahwa kuesioner valid dan reliabel dan dapat dijadikan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini. Temuan dari penelitian ini yakni menunjukkan bahwa sikap syukur siswa yang mendapatkan bimbingan klasikal di SMA Plus Babussalam menunjukkan angka sebesar 145,88 (81,1 %) sedangkan di SMA Al-Falah menunjukkan angka sebesar 147,69 (82,1 %), angka tersebut didapat dari total skor rata-rata dari setiap item pernyataan yang ada di kuesioner. Maka dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap syukur siswa yang mendapatkan bimbingan klasikal di SMA Al-Falah lebih baik dari pada sikap syukur siswa yang mendapatkan bimbingan klasikal di SMA Plus Babussalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap syukur; Bimbingan klasikal;
Subjects: Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ade Nurjaman
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:47
Last Modified: 19 Nov 2018 02:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16768

Actions (login required)

View Item View Item