Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa

Cahyawati, Nida (2018) Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya penggunakan media dalam kegiatan pembelajaran matematika yang masih belum banyak disadari. Menyikapi permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan media animasi dan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran menggunakan media animasi; (b) peningkatan serta perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (c) peningkatan serta perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa; (d) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media animasi. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, didapat kelas VII-B, VII-E. Pengambilan data menggunakan instrumen tes yaitu soal pemahaman dan komunikasi matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Aktivitas siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan pada tiap pertemuan; (b) Hasil analisis gain ternomalisasi menyatakan adanya perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan kelas media memperoleh perolehan yang lebih tinggi dibandingkan pada pembelajaran konvensional; (c) Hasil analisis gain ternomalisasi menyatakan adanya perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kelas media memperoleh perolehan yang lebih tinggi dibandingkan pada pembelajaran konvensional; (d) Berdasarkan analisis data skala sikap siswa yang memperoleh pembelajaran dengan media animasi sebagian besar siswa merespon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media animasi; pemahaman matematis; komunikasi matematis;
Subjects: Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nida Nida Cahyawati
Date Deposited: 19 Nov 2018 08:14
Last Modified: 19 Nov 2018 08:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16810

Actions (login required)

View Item View Item