Pemahaman siswa terhadap quran surat Al-Jumuah Ayat 9 tentang salat jumat hubungannya dengan motivasi mereka dalam menjalankan ibadah salat Jumat: penelitian di Kelas VII SMP Negeri 46 Bandung

Solihat, Ina Rahmah (2014) Pemahaman siswa terhadap quran surat Al-Jumuah Ayat 9 tentang salat jumat hubungannya dengan motivasi mereka dalam menjalankan ibadah salat Jumat: penelitian di Kelas VII SMP Negeri 46 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya masalah antara pemahaman siswa terhadap quran surat Al-Jumuah ayat 9 tentang salat Jumat dengan motivasi siswa dalam menjalankan ibadah salat Jumat. Berdasarkan studi pendahuluan di SMP N 46 Bandung, menunjukan bahwa walaupun guru telah meningkatkan pemahaman siswa terhadap quran surat Al-Jumuah ayat 9 tentang salat Jumat tetapi masih ada beberapa siswa memiliki motivasi kurang terhadap pelaksanaan salat Jumat sehingga timbul permasalahan yang menarik untuk di teliti yakni apakah ada hubungan antara pemahaman siswa terhadap quran surat al-Jumuah ayat 9 tentang salat Jumat dengan motivasi mereka dalam menjalankan ibadah salat Jumat?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui realitas pemahaman siswa kelas VII di SMP N 46 Bandung terhadap quran surat al-Jumuah ayat 9 tentang pelaksanaan salat Jumat, realitas motivasi mereka dalam menjalankan ibadah salat Jumat dan realitas hubungan antara pemahaman siswa kelas VII di SMP N 46 Bandung terhadap quran surat al-Jumuah ayat 9 tentang pelaksanaan salat Jumat dengan motivasi mereka dalam menjalankan ibadah salat Jumat. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pemahaman siswa terhadap quran surat Al-Jumuah ayat 9 tentang salat Jumat memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi mereka dalam menjalankan Salat Jumat, sehubungan dengan pemikiran tersebut, hipotesis penelitian ini adalah semakin tinggi/positif pemahaman siswa terhadap quran surat al-Jumuah ayat 9 tentang pelaksanaan salat Jumat maka akan semakin tinggi pula motivasi mereka dalam menjalankan ibadah salat Jumat. Sebaliknya, semakin negatif pemahaman siswa terhadap quran surat al-Jumuah ayat 9 tentang pelaksanaan salat Jumat semakin rendah pula motivasi mereka dalam menjalankan ibadah salat Jumat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan alat pengumpulan data berupa angket, tes, observasi, wawancara dan studi pustaka. Pendekatan analisisnya terdiri dari kualitatif dengan logika dan pendekatan kuantitatif dengan statistika. Dari hasil perhitungan statistik diketahui bahwa skor rata-rata variabel X sebesar 71,42, angka tersebut termasuk kategori baik karena berada pada interval 70 – 79. Sedangkan skor rata-rata variabel Y sebesar 3,71, angka tersebut termasuk kategori tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Adapun analisis korelasi mengenai kedua variabel sebesar 0,74 dan termasuk kedalam kategori tinggi karena berada pada interval 0,60-0,799. Sedangkan signifikasi korelasinya diperoleh t hitung 8,83 > t table 1,9988. Hal ini menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y. Adapun pengaruhnya antara variabel X dan Y sebesar 33 %, dengan kata lain masih ada 67% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Surat Al_Jumuah Ayat 9; Salat Jumat; Motivasi;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:44
Last Modified: 29 Nov 2018 03:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16817

Actions (login required)

View Item View Item