Respon siswa terhadap penggunaan metode kisah Qurani pada materi jujur hubungannya dengan akhlak mereka: penelitian korelasional di kelas VII SMP Al-Amanah Kabupaten Bandung

Kusuma, Deni Tata (2018) Respon siswa terhadap penggunaan metode kisah Qurani pada materi jujur hubungannya dengan akhlak mereka: penelitian korelasional di kelas VII SMP Al-Amanah Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari sebuah metode kisah qurani yang diharapkan mampu memberikan bimbingan sikap siswa kepada pembentukan akhlak siswa. penelitian ini mencoba menghubungkan metode kisah qurani dengan peningkatan akhlak siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode kisah qurani pada proses pembelajaran di sekolah, kemudian untuk mengetahui bagaimana realita akhlak siswa dan untuk mengetahui bagaimana hubungan akhlak siswa melalui penerapan metode kisah qurani pada mata pelajaran PAI di SMP Al-Amanah. Penelitian ini bertolak pada kerangka teoretis yang menyatakan bahwa penggunaan metode kisah qurani pada materi jujur dapat meningkatkan akhlak siswa. sehingga hipotesis yang diajukan adalah semakin baik penggunaan metode kisah qurani pada materi jujur maka akan semakin baik pula peningkatan akhlak siswa, dan sebaliknya semakin rendah penggunaan metode kisah qurani pada materi jujur maka akan semakin tidak baik pula peningkatan akhlak siswa dalam kesehariannya. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Cara pengumpulan datnya dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Penyebaran angket ditunjukan kepada 32 siswa sebagai sempel penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa realitas penggunaan metode kisah qurani pada materi jujur memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,81 yang berarti kualifikasi tinggi. Relitas peningkatan akhlak siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,42 yang berarti kualifikasi sangat tinggi. Sedangkan hubungan antara keduanya diperlihatkan oleh koefisien korelasi sebear 1,283 yang berarti sangat rendah karena berada pada interval 0,000-1,799. Berdasarkan uji korelasi diketahui thitung sebesar 2,61 dan ttabel sebesar 2,04. Sehingga thitung > ttabel dan hal ini menunjukan bahwa Ha di terimadan Ho di tolak. Kadar pengaruh penggunaan metode kisah qurani pada materi jujur 18%. Sehingga diperkirakan 82% terhadap faktor lain yang mempengaruhi akhlak siswa. Untuk itu peneliti menyarankan kepada seluruh guru khususnya guru pendidikan agama islam agar memberikan sempalan kisah yang ada di dalam al-Quran pada saat menyampaikan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Respon siswa; pengguna metode;
Subjects: Education, Research
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Deni Tata Kusuma
Date Deposited: 21 Nov 2018 04:39
Last Modified: 21 Nov 2018 04:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16831

Actions (login required)

View Item View Item