Penegakan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua dengan kekerasan (begal): studi kasus wilayah hukum Polres Metro Bekasi

Fauzi, Yimdi (2018) Penegakan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua dengan kekerasan (begal): studi kasus wilayah hukum Polres Metro Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Tingginya angka kejahatan di wilayah hukum Polres Metro Bekasi membuat warga masyarakatnya merasa tidak aman. Salah satunya perampasan ataupencurian kendaraan bermotor roda dua dengan kekerasan (begal). Dampak dari tindak pidana pencurian dengan cara begal ini begitu luas. Padahal Negara Indonesia adalah Negara Hukum yang mempunyai cita-cita dan tujuan untuk menciptakan masayarakat adil dan memelihara ketertiban, keamanan, kedamaian dan kepastian hukum yang mampu mengayomi masyarakat.sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang Kepolisian No. 2 Tahun 2002 Kepolisiann Republik Indonesia Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tiga hal, pertama untuk mengetahui bagaimana penegakan hukum terhadap tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua dengan kekerasan di wilayah hukum Polres Metro Bekasi, kedua mengetahui kendala yang dihadapi dalam penegakan hukum tindak pidana tersebut dan yang ketiga untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh kepolisian Polres Metro Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah bersifat deskriptif analisis, yaitu untuk menggambarkan peraturan perundang-undang yang berlaku dan dikaitkan dengan tori-teori hukum dalam pelaksanaan praktek penegakan hukum yang terkait masalah yang diteliti. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris, yaitu suatu pendekatan yang menekankan pada penelitian terhadap identifikasi hukum, dan peneletian efektitas hukum di masyarakat, dalam peneltian ini dilakukan studi pustaka dengan cara menelaah buku-buku, perundang-undang yang berkaitan dengan masalah yang di bahas dalam penelitian hasil penelitian menunjukkan: (1) penegakan hukum terhadap tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua dengan cara begal diwilayah hukum Polres Metro Bekasi dilakukan secara (represif)dan (preventif) (2) kendala yang dihadapi penegakan hukum dalam tindak pidana pencurian dengan cara begal kendaraan bermotor roda dua adalah, kendala pertama Internal sarana dan prasana yang kurang memadai, kurangnya ESDM, dan kurangnya anggaran oprasional. Kedua kendalaeksternalmasyarakat yang apatis dalam membantu pihak kepolisian, sarana pendukung pada tempat kejadian perkara yang kurang memadai; (3) upaya yang dilakukan yaitu dengan upaya preventif dan Represif demi memberikan segala upaya untuk mengatasi kendala-kendala dalam penegakan hukum baik dari kepolisan itu sendiri maupun dari luar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hukum Tindak Pidana; Begal;
Subjects: Criminal Law
Criminal Law > Criminal Procedure
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Yimdi Fauzi Fauzi
Date Deposited: 30 Nov 2018 06:29
Last Modified: 30 Nov 2018 06:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16936

Actions (login required)

View Item View Item