Tanggapan siswa terhadap penerapan metode scramble hubungannya dengan konsentrasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi binatang yang halal dan haram: penelitian kuantitatif deskriptif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 46 Bandung

Azizah, Ade Siti Nur (2017) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode scramble hubungannya dengan konsentrasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi binatang yang halal dan haram: penelitian kuantitatif deskriptif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 46 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang karena adanya sebuah fenomena yang muncul di SMP Negeri 46 Bandung yaitu diperoleh keterangan bahwa metode pembelajaran scramble ini sudah digunakan dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran PAI dan diduga dapat membuat siswa lebih berkonsentrasi. Namun pada kenyataannya ketika proses pembelajaran berlangsung tidak semua siswa dapat berkonsentrasi dengan baik dan mengalihkan perhatiannya pada hal-hal yang lain seperti ada yang malamun, tidur, ngobrol di dalam kelas dan perilaku lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penerapan metode scramble, realitas konsentrasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Binatang yang Halal dan Haram dan realitas hubungan tanggapan siswa terhadap penerapan metode scramble hubungannya dengan konsentrasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidkan Agama Islam materi Binatang yang Halal dan Haram. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penerapan metode scramble. Dari asumsi tersebut, secara teoritis dapat diambil hipotesis, yakni semakin positif tanggapan siswa terhadap penerapan metode scramble maka konsentrasi belajar mereka akan tinggi (baik). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran angket kepada 37 siswa kelas VIII E di SMP Negeri 46 Bandung. Data dianalisis dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk kuantitatif dengan metode spearman Rank. Hasil pengelolaan data menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan metode scramble menghasilkan nilai rata-rata 3,55 yang berkategori baik. Sedangkan konsentrasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menghasilkan nilai rata-rata 3,69 yang berkategori tinggi. Hubungan antara keduanya adalah a) Koefisien korelasinya termasuk pada kualifikasi cukup kuat, hal ini berdasarkan perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,5 yang berada pada interval 0,400 – 0,599, b) Uji hipotesis diperoleh nilai thitung 3,40 > ttabel 2,03, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode scramble dengan konsenrasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi binatang halal dan haram, c) Derajat pengaruhnya sebesar 13 % dan 87 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Scramble; Konsentrasi; Haram; Halal;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 27 Nov 2018 02:21
Last Modified: 27 Nov 2018 02:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16947

Actions (login required)

View Item View Item