Pembiayaan dengan agunan investasi terikat syari’ah mandiri melalui skema mudharabah muqayyadah on balance sheet di Bank Syari’ah Mandiri KCP Rancaekek

Rohimah, Neli Siti (2013) Pembiayaan dengan agunan investasi terikat syari’ah mandiri melalui skema mudharabah muqayyadah on balance sheet di Bank Syari’ah Mandiri KCP Rancaekek. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)

Abstract

Pemberian pembiayaan usaha oleh perbankan selama ini telah berlangsung dengan memanfaatkan dana pihak ketiga yang terkumpul dari produk-produk pendanaan seperti tabungan, giro maupun deposito. Sebagai Bank yang berperan sebagai intermediary antara pemilik dana (shahibul maal) dan pemilik usaha (mudharib) maka perlu disediakan produk pembiayaan dan investasi yang fleksibel. Fleksibilitas dimaksud adalah menyesuaikan kepada karakteristik/jenis usaha yang akan dibiayai dengan tingkat penerimaan risk and return profile pemilik dana secara khusus. Disamping itu Investor diberikan keleluasaan untuk melakukan investasi langsung kepada jenis usaha yang diminati tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketentuan patokan nisbah bagi hasil, mekanisme pelaksanaan dan kajian fikih muamalah pada produk pemiayaan dengan agunan investasi terikan syari’ah mandiri melalui skema mudharabah muqayydah on balance sheet. Skema mudharabah yang sering dibahas adalah skema yang berangsung diantara dua pihak saja, namun terjadi evousi dari konsep direct financing ke indirect financing. Mudharabah terdiri dari dua jenis dan salah satunya adalah mudharabah muqayyadah atau resricted invesment yaitu pembiayaan yang membatasi si mudharib dengan batasan jenis usaha, waktu daan tempat usaha. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis dilakukan dengan mendeskripsikan data-data yang ada dilapangan yang kemudian di hubungkan dengan teori yang ada. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada perhitungan bagi hasil di BSM KCP Rancaekek kurang sesuai dengan perhitungan dalam teori mudharabah karena masih mengacu kepada equivalent rate, dimana equivalent tersebut merupakan perhitungan bunga di bank konvesional. Juga dalam mekanisme pelaksanaanya pembiayaan dengan agunan investasi terikat adalah pembiayaan yang menyangkut 3 pihak namun yang terjadi dilapagan hanya meliputi 2 pihak dimana pihak pertama yaitu nasabah di samping berperan sebagai investor juga berkedudukan sebagai mudharib. Dan tinjauan fikih muamalah terhadap pembiayaan dengan agunan investasi syari’ah mandiri terikat melalui skema mudharabah muayyadah on balance sheet masih diperdebatkan keabsahannya karena sebagian madzhab melarang adanya batasan yang menjadi syarat pada pelaksanaan mudharabah muqayyadah tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Investasi; Muqayyadah On Balance Street; Mudharabah;
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 27 Nov 2018 02:19
Last Modified: 29 Jun 2019 07:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16948

Actions (login required)

View Item View Item